Connect With Us

WH Sesalkan Banyak Pilkada Serentak di Banten Lawan Kotak Kosong

Yudi Adiyatna | Rabu, 27 Juni 2018 | 11:00

| Dibaca : 3525

Gubernur Wahidin Halim usai menggunakan hak suaranya di TPS 02 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Tiga dari empat wilayah di Provinsi Banten hari ini tengah melaksanakan Pilkada dengan pasangan calon (paslon) tunggal, diantaranya Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak.

Hal tersebut ternyata disesalkan Gubernur Banten Wahidin Halim, karena ketiga paslon yang berkompetisi di Pilkada hanya melawan kotak kosong.

"Saya memang menyesalkan bahwa partai-partai di Republik ini belum melahirkan kader-kader pemimpin, sehingga tidak memberikan ruang dan kesempatan kepada generasi untuk mencalonkan diri," ucap Wahidin Halim usai memberikan hak suaranya di TPS 02 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang,Kota Tangerang, Rabu (27/6/2018).

BACA JUGA:

Dirinya pun tak menampik adanya persoalan-persoalan tersendiri seperti adanya mahar yang harus dibayarkan untuk memperoleh rekomendasi partai politik, mahalnya biaya pilkada sehingga menjadi persoalan bagi pelaksanaan demokrasi ke depan.

"Begitu mahal bagi seorang calon untuk mendapatkan kesempatan sehingga dengan calon tunggal berhadapan dengan kotak kosong tidak ada kompetitor," jelasnya.

Ditambahkannya, munculnya fenomena lawan kotak kosong di Provinsi Banten memberikan indikasi tidak bergairahnya warga untuk berduyun-duyun datang ke TPS menggunakan hak suaranya. 

"Kita sudah berusaha sosialisasi namun tampaknya salah satu hambatan secara psikologis warga tidak bergairah datang ke tempat-tempat pemilihan suara," terangnya.

Adapun pasangan calon yang melawan kotak kosong dalam Pilkada serentak 2018, yakni Arief R Wismansyah-Sachrudin di Kota Tangerang. Kemudian pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli di Kabupaten Tangerang. Lalu di Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya kembali berpasangan dengan wakilnya, Ade Sumardi. 

Hanya Kota Serang yang Pilkadanya diikuti tiga paslon, yakni nomor urut satu Vera Nurlaela-Nurhasan, nomor urut dua Samsul Hidayat-Rohman dan nomor urut tiga Syafrudin-Subadri Usuludin.(RAZ/RGI)

HIBURAN
Sambut Tahun Macan Air, Mal SMS Tangerang Suguhkan Berbagai Hiburan dan Diskon Belanja

Sambut Tahun Macan Air, Mal SMS Tangerang Suguhkan Berbagai Hiburan dan Diskon Belanja

Senin, 24 Januari 2022 | 13:52

TANGERANGNEWS.com-Merayakan tahun baru Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022, Summarecon Mall Serpong (SMS), Kabupaten Tangerang menggelar acara bertajuk Fortune Blossom

OPINI
Pengganti KPR dan Leasing? IMBT Solusi Maslahat di Era Digital

Pengganti KPR dan Leasing? IMBT Solusi Maslahat di Era Digital

Jumat, 7 Januari 2022 | 09:01

TANGERANGNEWS.com-Pada era digital yang serba cepat dan mudahnya akses informasi diikuti meningkatnya berbagai kebutuhan yang seringkali membutuhkan pembiayaan. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

BANDARA
Imigrasi Bandara Soetta Amankan Dua Kru Pesawat Kargo Asal China

Imigrasi Bandara Soetta Amankan Dua Kru Pesawat Kargo Asal China

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:00

TANGERANGNEWS.com - Dua orang warga negara China yang merupakan kru alat angkut CP Airlines dengan nomor penerbangan CYZ251 diamankan petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatt

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman