Connect With Us

Asda Banten Beri Kunci Sukses yang Perlu Ditanam Sejak Dini

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 18 September 2022 | 14:13

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Asda I) Provinsi Banten, Komarudin, saat menjadi narasumber dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) sekolah Mutiara Bangsa, Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Asda I) Provinsi Banten, Komarudin, menjadi narasumber dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) sekolah Mutiara Bangsa, Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang. 

Ketua Dewan Pakar ICMI itu membawakan materi tentang karakter orang sukses yang perlu ditanamkan sejak dini. Tampak ratusan siswa dari berbagai tingkatan antusias menyimak hingga akhir sesi. 

“Masa depan pasti datang. Apa yang akan terjadi pada masa depan kita tergantung pada apa yang dilakukan hari ini. Maka beruntunglah bagi yang menyiapkan masa depannya dari sekarang” katanya, Sabtu, 17 September 2022. 

Menurut Komar, setiap kesuksesan pasti butuh proses. Hal itu berlaku pada konteks profesi apa pun tak terkecuali dalam hal kepemimpinan. 

Jika seseorang menjalani proses tersebut dengan sungguh-sungguh, jelasnya, maka kesuksesan hampir pasti dapat diraih. 

“Di kelas kita sering menemui, entah itu diri sendiri atau teman kita, yang cari-cari alasan atas suatu kegagalan. Misal ketika dapat nilai jelek, itu macam-macam alasannya, gak punya bukulah, gak punya motorlah, bukan dari keluarga kaya, dan sebagainya. Padahal, semua alasan itu sesungguhnya adalah alasan untuk menjadi gagal,” paparnya. 

Dia menegaskan, ciri seorang pemenang tidak mencari-cari alasan untuk memaklumi atau membenarkan kegagalan. 

Pemenang, sambungnya, akan selalu berupaya maksimal dengan melampaui keterbatasan yang dimiliki. 

“Otak kita ibarat pisau, semakin sering diasah semakin tajam, semakin rajin belajar semakin pintar dan cerdas. Begitu juga kesuksesan, semakin banyak berlatih, sungguh-sungguh berproses, semakin besar peluang untuk sukses,” tegasnya. 

Baca Juga :

Pemprov Banten Soroti Fasos Fasum Belum Diserahkan Pengembang

Jalan Lingkungan Diperbaiki, Warga Solear Tangerang Sampaikan Apresiasi

Penjabat bupati Tangerang tahun 2018 itu lantas membeberkan sedikitnya lima karakter yang dimiliki untuk sukses. 

“Saya sebutkan dari nomor lima, yaitu mampu mengelola waktu dengan baik. Waktu pada setiap orang sama, 24 jam, yang membedakan itu penggunaannya. Orang sukses memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya,” terang Komar. 

Selanjutnya, orang sukses juga mampu bekerja sama. Ini karena manusia merupakan makhluk sosial di mana dalam mencapai tujuan atau kepentingannya pasti melibatkan peran orang lain. 

“Karakter ketiga kerja keras. Artinya melebihi rata-rata. Jika rata-rata durasi belajar teman-teman kelas 1 jam, maka kita belajarnya harus di atas itu,” ujarnya. 

Komar menggarisbawahi, kerja keras adalah harga yang harus dibayar oleh orang yang ingin sukses. Dengan kerja keras, seseorang dapat mengatasi keterbatasan, terutama yang timbul akibat perbedaan kondisi ekonomi atau status sosial. 

“Kemudian (karakter) disiplin, dalam arti menempatkan sesuatu pada tempatnya, konsisten pada prinsip, kaidah, aturan dan cita-cita,” tambahnya. 

Adapun karakter yang paling utama, Komar menyebut kejujuran jadi kunci yang sangat menentukan bagi kesuksesan. 

“Ini sudah dicontohkan sejak dulu. Makanya sifat-sifat mulia Rasulullah yang pertama itu sidiq, jujur,” pungkasnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill