Connect With Us

Jangan Stres! Simak 5 Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 13 Oktober 2022 | 13:04

Ilustrasi tidur nyenyak. (Fahrul Dwi Putra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Banyak orang masih mengalami masalah berakibat stres, meski merasa telah memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini wajar terjadi, sebab kualitas tidur lebih penting dibandingkan dengan kuantitasnya.

Kualitas tidur ditandai dengan tidak terganggunya masa tidur seperti misalnya terbangun atau panik dan cemas saat tidur. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, fisik akan terasa lebih segar dan bugar ketika bangun di pagi hari. Ini juga berpengaruh pada psikis seseorang hingga dapat mengurangi tingkat stres.

Dilansir dari fimela.com pada Kamis, 13 Oktober 2022, berikut beberapa tips untuk memperbaiki kualitas tidur. 

Atur Jadwal Tidur

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, langkah awalnya adalah dengan mengatur jadwal tidur. Aturlah kebiasaan tidur dan bangun di waktu yang sama. Secara rutin. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan rasa nyaman dan bahagia ketika bangun tidur.

Baca juga: Marak Aksi Gantung Diri di Tangerang, Bukti Kalau Banten Daerah Paling Tak Bahagia

Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein memiliki efek untuk membuat susah tidur, umumnya terkandung pada kopi. Jika ingin memperbaiki kualitas tidur tentunya mengonsumsi banyak kafein bukanlah pilihan yang tepat. Batasi konsumsi kafein terutama di malam hari.

Minimalisir Paparan Cahaya

Seringkali ketika akan beranjak untuk tidur seseorang menyempatkan terlebih dahulu untuk bermain ponsel. Akibatnya, tanpa sadar telah bermain ponsel hingga waktu larut malam. Sebab, ponsel memiliki cahaya blue light sebagai alat elektronik.

Baca juga: Pengidap Aritmia Ternyata Bisa Sembuh dengan Tindakan Kateter Ablasi

Cahaya ini selain dapat mengganggu kesehatan pun mampu mengganggu kualitas tidur. Maka dari itu istirahatlah dari perangkat gadget minimal satu sampai dua jam sebelum tidur.

Pilih Makanan yang Menenangkan Perasaan

Batasi konsumsi makanan ketika hendak tidur. Jikalau harus makan, maka pilihlah konsumsi makanan yang membuat tidur nyenyak dengan memilih jenis makanan yang membuat perasaan menjadi tenang. Usahakan tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan sebab tidur dengan perut kenyang dapat mengganggu kualitas tidur.

Pastikan Tidur di Lingkungan yang Nyaman

Untuk memiliki kualitas tidur yang baik, perlu didorong dengan lingkungan tidur yang nyaman. Pastikan tempat tidur bersih, rapi, dan nyaman serta terhindar dari gangguan seperti suara berisik atau lainnya. Dengan cara ini dapat memberikan kualitas tidur yang diinginkan.

Baca juga: Warga Tangerang, Mari Hindari Stress dengan Work-Life Balance

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki kualitas tidur, meskipun waktu tidur yang dimiliki tidak begitu panjang tetapi bila berkualitas tentu akan lebih baik daripada memiliki waktu tidur panjang namun tidak berkualitas dan justru menyebabkan stress akibatnya hal itu dapat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill