Connect With Us

25 Tim Sepakbola Pesantren Berlaga di Liga Santri Nusantara Region Banten

Mohamad Romli | Senin, 28 Agustus 2017 | 17:00

Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik melakukan kick off Liga Santri Nasional Region Banten di stadion mini Kecamatan Solear, Senin (28/8/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Liga Santri Nusantara (LSN) Region Banten mulai digelar. Sebanyak 25 tim sepakbola dari berbagai pondok pesantren di Banten pun ikut berlaga untuk memperebutkan posisi yang akan mewakili Banten di LSN Nasional.

Pembukaan liga santri tersebut ditandai dengan dilakukannya tendangan pertama (kick off) oleh Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik dan Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kabupaten Tangerang, KH Encep Subandi di stadion mini Solear, Desa Munjul, Kecamatan Solear, Senin (28/8/2017).

25 tim yang bertanding tersebut diantaranya berasal dari enam pesantren di Kabupaten Tangerang, satu pesantren di Kota Tangerang, tiga pesantren di Kota Tangsel, tujuh pesantren di Kabupaten Serang, empat pesantren di Lebak, satu pesantren di Pandeglang dan dua pesantren di Cilegon. BACA JUGA : Jokowi Minta Reformasi Total di Sepak Bola Indonesia

Koordinator LSN Region Banten Ahmad Fauzi mengatakan, event yang sudah ketiga kalinya digelar tersebut bertujuan untuk mencari bibit pemain sepakbola dari kalangan pesantren yang saat ini di Indonesia jumlanya mencapai ribuan santri. Dari jumlah tersebut, Fauzi menyakini, ada santri yang memiliki potensi sebagai atlet sepakbola yang bisa dikembangkan sampai tingkat profesional.

"Pesanten inheren dengan sepakbola, mereka sudah terbiasa bermain sepakbola dimanapun, bahkan dengan sarungan. Kebiasaan mereka bermain sepakbola itu kita fasilitasi melalui liga ini," ujarnya.

Fauzi mencontohkan, hasil dari liga santri sebelumnya yaitu munculnya sosok Rafli, atlet sepakbola yang saat ini sudah bergabung dipelatnas timnas U-16. Rafli adalah striker tim pesantren Al-Ashariyah, Kabupaten Tangerang yang pernah berlaga di LSN Region Banten tahun sebelumnya.

Ditambahkan Fauzi, LSN Region Banten tersebut akan berlangsung hingga 9 September 2017, kemudian tim yang berhasil meraih juara satu, akan mewakili Banten masuk ke semifinal LSN tingkat nasional yang akan digelar pada bulan Oktober 2017 di Bandung.

Sebelum bertanding 2 Tim peserta Liga Santri Nusantara (LSN) Region Banten berpose bersama, Senin (28/8/2017).

Sebelum bertanding 2 Tim peserta Liga Santri Nusantara (LSN) Region Banten berpose bersama, Senin (28/8/2017).

Ketua Pelaksana LSN Region Banten, Khoirun Huda mengatakan, peserta yang mengikuti event tersebut harus memenuhi kriteria khusus yang sudah ditetapkan oleh pihak panitia. "Salah satu persyaratannya, usia pemain maksimal 17 tahun yang dibuktikan dengan kartu santri, ijazah atau akte kelahiran," ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Taufik, Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang mengatakan, pagelaran LSN menjadi ajang strategis yang menjadi wadah santri berkompetisi dan berprestasi dalam olah raga sepakbola. Ia berharap ajang ini dimanfaatkan secara maksimal oleh santri untuk bisa mengukir prestasi hingga ditingkat nasional.

"Kami berharap akan muncul atlet-atlet muda berprestasi dari kalangan pesantren melalui LSN ini," ungkapnya.

Ia juga mengatakan akan memberikan dukungan bagi pengembangan atlet sepakbola dari kalangan santri tersebut. "Kami memberikan kesempatan yang sama seperti atlet lainnya, tentunya kami akan memberikan dukungan," tandasnya. BACA JUGA : Direktur PT Nabel Shaka Sponsori Klub Sepak Bola Polres Metro Tangerang

Pada saat pembukaan LSN Region Banten tersebut digelar tiga kali pertandingan yang mempertemukan enam tim peserta liga tersebut.(RAZ)

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill