Connect With Us

Pemkab Tangerang Harus Perbanyak Program Pemberdayaan Masyarakat

Mohamad Romli | Selasa, 28 November 2017 | 18:00

Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Banten III, Siti Masrifah. (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Banten III, Siti Masrifah mendorong Pemkab Tangerang untuk lebih memperbanyak program pemberdayaan masyarakat. Hal ini untuk mengantisipasi penduduk yang tidak terserap lapangan kerja.

Politisi perempuan asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut khawatir jumlah pengangguran di Kabupaten Tangerang yang menurutnya, terus bertambah.

BACA JUGA : Komisi IX DPR Minta Zaki Berantas Mafia Industri

"Harus ada program peningkatan keterampilan warga agar mereka tidak ketergantungan pada kerja formal," ujarnya,  usai menjadi narasumber Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif yang dihelat Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kampung Panggang, Desa Selapajang, Cisoka, Kabupaten Tangerang, Selasa (28/11/2017).

Sosok yang akrab disapa mbak Cyfa itu pun memaparkan, jumlah penduduk Kabupaten Tangerang saat ini sekitar 3,4 juta jiwa. Dari jumlah tersebut sekitar 27,2 persen adalah kelompok usia remaja. Artinya sekitar 900 ribu adalah kelompok usia produktif yang membutuhkan lapangan kerja.

"Ini menjadi satu tantangan, bahwa memang pada medio 2020 sampai 2035 kita akan mendapatkan bonus demografi, jumlah usia produktif kerja lebih banyak dari usia tidak produktif," jelasnya.

Sementara, lanjut Masrifah, kondisi saat ini pun semakin banyak warga yang ditemuinya mengeluh karena sulit mendapatkan pekerjaan, padahal Kabupaten Tangerang dikenal dengan kota 1001 industri.

"Kita harapkan, melalui beragam program peningkatan keterampilan, mereka yang tidak terserap lapangan kerja formal tetap bisa memiliki penghasilan untuk kehidupannya," tambahnya.

Program tersebut ditegaskannya sangat penting, mengingat laju pertumbuhan penduduk memang harus diimbangi dengan peningkatan layanan sosial, infrastruktur dan ekonomi, yaitu penciptaan lapangan kerja.

"Program Keluarga Berencana salah satunya mendorong setiap keluarga bisa sejahtera, tercukupi kebutuhannya, nah program ini harus disinergikan dengan program peningkatan ekonomi keluarga lainnya," imbuhnya.(DBI/HRU)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANTEN
Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Kamis, 18 April 2024 | 10:23

Keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di seluruh rest area sepanjang jalan tol Sumatera - Jawa terbukti melayani dan memudahkan pengguna mobil listrik selama melewati puncak mudik hingga arus balik Lebaran 2024.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill