Connect With Us

Pintu Air 10 Penyangga Kehidupan Desa Tanjung Burung

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 21 Desember 2017 | 12:30

| Dibaca : 1887

Posko Pintu Air 10 di Cisadane Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Pintu Air 10 adalah penyangga kehidupan bagi masyarakat Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang, Karena memang sungai Cisadane bermuara di kawasan tersebut, di sekitar Desa Tanjung Burung.

Jika sungai Cisadane meluap, sehingga mengharuskan ke 10 pintu penyangga air sungai Cisadane di buka seluruhnya, maka akan berimbas ke kawasan itu. Pastinya akan membuat di beberapa kawasan hilir di dekat muara kebanjiran dengan air kecoklatan ini.

Jangankan seluruhnya dibuka, hanya membuka 3 pintu bawah dengan tinggi bukaan 4 meter saja, warga Tanjung Burung pasti mengalami bencana kebanjiran. Seperti itu lah yang dikatakan oleh Petugas Pintu Air 10, Abdul Main.

PINTU AIR

"Itu bisa mencapai 3 pintu yang bawah dengan tinggi bukaan 4 meter, pasti tinggi tuh dia (hilir Tanjung Burung)," ujarnya saat berbincang-bincang dengan TangerangNews.com, Rabu (21/12/2017).

"Bisa banjir dari pembukaan pintu, karena kan hilir kan buangan ya, tapi kalau emang lautnya normal tidak sedang pasang itu tidak masalah," tambahnya.

Menurutnya, tahapan pembukaan pintu air di Bendungan Pasar Baru ini tidak bisa diprediksi, berapa banyak pintu yang akan dibuka jika debit air mengalami kenaikan.

"Kalau dibuka ya dibuka limpasan, kalau memang debit airnya masih naik, bertahap, disesuaikan sama debit jadi enggak bisa diprediksi berapa pintu," kata dia.

Ia menjelaskan, komunikasi dengan pihak hulu dan hilir sungai Cisadane sangat penting sekali. Ia juga menyebut, kalau koordinasinya dengan pihak hulu maupun hilir pun sangat intens.

BACA JUGA :

"Mulai dari hulu, bendungan, hilir itu komunikasi semua, biar tahu kondisi air bagaimana. Tapi lebih sering Lurah Tanjung Burung juga sering konfirmasi ke sini untuk kondisiin air," jelas dia.

Sementara itu, walaupun curah hujan di beberapa hari ini tinggi, Abdul mengklaim kalau debit air di Sungai Cisadane berada dalam kondisi bersahabat.

"Belum ada kenaikan, masih normal saja, berada di debit air 4.711, waspada saja belum," papar dia.(RAZ/HRU)

PROPERTI
Milenial Mau Nyicil Rumah? Perhatikan Hal Ini

Milenial Mau Nyicil Rumah? Perhatikan Hal Ini

Jumat, 16 Juli 2021 | 12:17

TANGERANGNEWS.com-Memiliki hunian pribadi adalah impian bagi setiap orang, tak terkecuali generasi milenial. Harga properti yang kian naik dari tahun ke tahun terkadang menjadi pertimbangan sulit

KOTA TANGERANG
Hari Anak, Puluhan Andikpas LPKA Tangerang Dapat Remisi

Hari Anak, Puluhan Andikpas LPKA Tangerang Dapat Remisi

Jumat, 23 Juli 2021 | 21:43

TANGERANGNEWS.com-Dalam rangka memperingati hari Anak Nasional 2021, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Tangerang memberikan remisi kepada puluhan anak didik pemasyarakatan (andikpas)

BANDARA
Bandara AP II Batasi WNA Masuk ke Indonesia

Bandara AP II Batasi WNA Masuk ke Indonesia

Kamis, 22 Juli 2021 | 10:40

TANGERANGNEWS.com-Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) menerapkan ketentuan di dalam pembatasan orang asing atau warga negara asing (WNA) masuk ke wilayah Indonesia

NASIONAL
Ini 5 Daftar Bansos Selama PPKM, Jangan Sampai Tidak Kebagian

Ini 5 Daftar Bansos Selama PPKM, Jangan Sampai Tidak Kebagian

Jumat, 23 Juli 2021 | 10:26

TANGERANGNEWS.com-Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-bali yang berlaku selama lonjakan COVId-19 terjadi, sangat berdampak pada ekonomi masyarakat terutama menengah kebawah

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab