Connect With Us

Pintu Air 10 Penyangga Kehidupan Desa Tanjung Burung

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 21 Desember 2017 | 12:30

Posko Pintu Air 10 di Cisadane Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Pintu Air 10 adalah penyangga kehidupan bagi masyarakat Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang, Karena memang sungai Cisadane bermuara di kawasan tersebut, di sekitar Desa Tanjung Burung.

Jika sungai Cisadane meluap, sehingga mengharuskan ke 10 pintu penyangga air sungai Cisadane di buka seluruhnya, maka akan berimbas ke kawasan itu. Pastinya akan membuat di beberapa kawasan hilir di dekat muara kebanjiran dengan air kecoklatan ini.

Jangankan seluruhnya dibuka, hanya membuka 3 pintu bawah dengan tinggi bukaan 4 meter saja, warga Tanjung Burung pasti mengalami bencana kebanjiran. Seperti itu lah yang dikatakan oleh Petugas Pintu Air 10, Abdul Main.

PINTU AIR

"Itu bisa mencapai 3 pintu yang bawah dengan tinggi bukaan 4 meter, pasti tinggi tuh dia (hilir Tanjung Burung)," ujarnya saat berbincang-bincang dengan TangerangNews.com, Rabu (21/12/2017).

"Bisa banjir dari pembukaan pintu, karena kan hilir kan buangan ya, tapi kalau emang lautnya normal tidak sedang pasang itu tidak masalah," tambahnya.

Menurutnya, tahapan pembukaan pintu air di Bendungan Pasar Baru ini tidak bisa diprediksi, berapa banyak pintu yang akan dibuka jika debit air mengalami kenaikan.

"Kalau dibuka ya dibuka limpasan, kalau memang debit airnya masih naik, bertahap, disesuaikan sama debit jadi enggak bisa diprediksi berapa pintu," kata dia.

Ia menjelaskan, komunikasi dengan pihak hulu dan hilir sungai Cisadane sangat penting sekali. Ia juga menyebut, kalau koordinasinya dengan pihak hulu maupun hilir pun sangat intens.

BACA JUGA :

"Mulai dari hulu, bendungan, hilir itu komunikasi semua, biar tahu kondisi air bagaimana. Tapi lebih sering Lurah Tanjung Burung juga sering konfirmasi ke sini untuk kondisiin air," jelas dia.

Sementara itu, walaupun curah hujan di beberapa hari ini tinggi, Abdul mengklaim kalau debit air di Sungai Cisadane berada dalam kondisi bersahabat.

"Belum ada kenaikan, masih normal saja, berada di debit air 4.711, waspada saja belum," papar dia.(RAZ/HRU)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill