Connect With Us

Pintu Air 10 Penyangga Kehidupan Desa Tanjung Burung

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 21 Desember 2017 | 12:30

| Dibaca : 2429

Posko Pintu Air 10 di Cisadane Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Pintu Air 10 adalah penyangga kehidupan bagi masyarakat Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang, Karena memang sungai Cisadane bermuara di kawasan tersebut, di sekitar Desa Tanjung Burung.

Jika sungai Cisadane meluap, sehingga mengharuskan ke 10 pintu penyangga air sungai Cisadane di buka seluruhnya, maka akan berimbas ke kawasan itu. Pastinya akan membuat di beberapa kawasan hilir di dekat muara kebanjiran dengan air kecoklatan ini.

Jangankan seluruhnya dibuka, hanya membuka 3 pintu bawah dengan tinggi bukaan 4 meter saja, warga Tanjung Burung pasti mengalami bencana kebanjiran. Seperti itu lah yang dikatakan oleh Petugas Pintu Air 10, Abdul Main.

PINTU AIR

"Itu bisa mencapai 3 pintu yang bawah dengan tinggi bukaan 4 meter, pasti tinggi tuh dia (hilir Tanjung Burung)," ujarnya saat berbincang-bincang dengan TangerangNews.com, Rabu (21/12/2017).

"Bisa banjir dari pembukaan pintu, karena kan hilir kan buangan ya, tapi kalau emang lautnya normal tidak sedang pasang itu tidak masalah," tambahnya.

Menurutnya, tahapan pembukaan pintu air di Bendungan Pasar Baru ini tidak bisa diprediksi, berapa banyak pintu yang akan dibuka jika debit air mengalami kenaikan.

"Kalau dibuka ya dibuka limpasan, kalau memang debit airnya masih naik, bertahap, disesuaikan sama debit jadi enggak bisa diprediksi berapa pintu," kata dia.

Ia menjelaskan, komunikasi dengan pihak hulu dan hilir sungai Cisadane sangat penting sekali. Ia juga menyebut, kalau koordinasinya dengan pihak hulu maupun hilir pun sangat intens.

BACA JUGA :

"Mulai dari hulu, bendungan, hilir itu komunikasi semua, biar tahu kondisi air bagaimana. Tapi lebih sering Lurah Tanjung Burung juga sering konfirmasi ke sini untuk kondisiin air," jelas dia.

Sementara itu, walaupun curah hujan di beberapa hari ini tinggi, Abdul mengklaim kalau debit air di Sungai Cisadane berada dalam kondisi bersahabat.

"Belum ada kenaikan, masih normal saja, berada di debit air 4.711, waspada saja belum," papar dia.(RAZ/HRU)

BISNIS
Investasi di Kabupaten Tangerang Capai Rp8,5 Triliun, Paling Banyak 3 Sektor Ini

Investasi di Kabupaten Tangerang Capai Rp8,5 Triliun, Paling Banyak 3 Sektor Ini

Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:45

TANGERANGNEWS.com-Realisasi investasi di Kabupaten Tangerang pada semester 1 tahun 2022 mengalami peningkatan dengan total nilai mencapai Rp8,5 triliun.

HIBURAN
Ini Rekomendasi Novel Seru Ketika Bosan saat Hujan

Ini Rekomendasi Novel Seru Ketika Bosan saat Hujan

Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:07

TANGERANGNEWS.com-Tangerang telah memasuki musim penghujan sehingga aktivitas di luar ruangan pun menjadi terhambat. Keadaan tersebut memaksa orang untuk tetap berada di rumah ataupun tempat berteduh lainnya.

MANCANEGARA
Penembakan Massal Tewaskan 38 Orang, Pelaku Mantan Polisi

Penembakan Massal Tewaskan 38 Orang, Pelaku Mantan Polisi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:32

TANGERANGNEWS.com-Penembakan massal yang menewaskan 38 orang terjadi di provinsi Nong Bua Lam Phu, Thailand, Kamis, 6 Oktober 2022.

KAB. TANGERANG
Geram, Emak-emak Blokir dan Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak Tangerang

Geram, Emak-emak Blokir dan Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak Tangerang

Jumat, 7 Oktober 2022 | 19:34

TANGERANGNEWS.com-Emak-emak warga Desa Sindang Jaya menggelar aksi protes lantaran jalan rusak di Jalan Raya Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, tak kunjung diperbaiki, Jumat, 7 Oktober 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill