Connect With Us

Mahasiswa UMT Ajari Pelajar Tangerang Jeli Informasi Hoax Dunia Maya

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Februari 2018 | 14:00

Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) saat memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017).

Penyuluhan yang jug disi oleh relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Taufik ini berujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar terkait dampak negatif dari internet, khususnya informasi hoax.

BACA JUGA:

"Banyak hal yang perlu diwaspadai, yakni terkait bahaya kejahatan di dunia maya, seperti kekerasan dan pelecehan melalui internet, penyebaran informasi palsu (hoax), dan konten tidak senonoh seperti gambar dan video pornografi," kata Taufik di SMPN 2 Cikupa.

Taufik menjelaskan bahwa jika internet memiliki dampak yang berbeda tergantung dari penggunanya. Jika digunakan dengan baik dan benar, laka dapat menghasilkan hal yang positif. Contohnya seperti mempermudah informasi, sebagai sarana ajang bisnis dan dapat mencerdaskan masyarakat dalam hal pengetahuan.

"Tapi Jika memakai internet berlebihan, banyak dampaknya, contoh hal negatif adalah jika dahulu orang sebelum makan melakukan doa, maka sekarang banyak generasi muda yang mengunggah foto atau video terlebih dahulu ke media sosial," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa waktu yang tepat pada saat memakai internet juga perlu diperhitungkan, karena dapat merubah perilaku seseorang. "Biasanya anak muda menggunakannya kebanyakan sebagai ajang eksis agar terlihat keren atau tampil gaya," imbuhnya.

Sementara Dewan Pembina Lapangan (DPL) KKN UMT Korry Elyana juga menambahkan tujuan dari penyuluhan internet sehat ini untuk membimbing kepribadian para remaja saat ini agar dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari presentasi maupun memberikan informasi melalui media video.

"Kontrol diri lah yang bisa menjaga kita dari bahaya-bahaya internet, karena ketika kita menggunakan internet, kita bisa melihat dunia dengan jarimu,” ungkap wanita yang juga Dosen Komunikasi UMT ini.(RAZ/RGI)

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill