Connect With Us

Sampah Anorganik Bisa Ditukar Sembako di Festival Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 29 Juli 2019 | 17:53

| Dibaca : 1223

Tampak warga menukar sampah jenis sampah anorganik seperti plastik dan kardus di stand Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang di Festival Cisadane. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com—Pengunjung Festival Cisadane bisa menukarkan sampah yang dapat didaurulang (anorganik) di stan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang dengan sembako.

Jenis sampah yang dapat ditukarkan selama festival itu berlangsung hingga 3 Agustus 2019 yaitu sampah plastik dan kardus.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Tangerang Buceu Gartina mengatakan, kegiatan tersebut hasil kerjasama pihaknya dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

"Kami bekerjasama dengan BAZNAS untuk membuka Zmart (sembako) yang bisa ditukar dengan sampah anorganik," ujarnya kepada TangerangNews, Senin (29/7/2019).

Buceu menjelaskan, sembako yang bisa ditukar dengan sampah anorganik antara lain beras, minyak goreng, gula, kecap, saos, hingga makanan ringan.

Namun, kata Buceu, ada ketentuan untuk dapat menukarkan sampah dengan sembako itu. Misalnya, jika ingin menukar beras yang sudah kemas, pengunjung harus membawa sampah anorganik seberat 5 kilogram.

"Tapi untuk penukarannya nanti tergantung, ya, sesuai keinginan pengunjung," jelasnya.

Baca Juga :

Buceu menuturkan, selain ditukar dengan sembako, pengunjung juga bisa menukar sampah anorganik dengan tumbler (botol minuman), atau bersedekah sampah tanpa imbalan apapun.

Sejak stan itu dibuka, Buceu mengaku pengunjung festival tahunan yang dihelat Pemerintah Kota Tangerang itu cukup antusias berpartisipasi.

"Hingga saat ini, sudah ada 207 pengunjung yang berpartisipasi dalam program kami," katanya.

Buceu mengharapkan, program ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah sehingga Kota Tangerang terbebas dari sampah yang berserakan.

"Kami memang ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengatasi sampah. Biar lebih care dengan sampah," pungkasnya.(RMI/HRU)

KOTA TANGERANG
HUT 28 Kota Tangerang, UMT Gratiskan Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 

HUT 28 Kota Tangerang, UMT Gratiskan Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 

Jumat, 26 Februari 2021 | 17:09

TANGERANGNEWS.com-Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), menggratiskan biaya pendaftaran mahasiswa baru sebanyak 282 dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-28 Kota Tangerang

KAB. TANGERANG
Tekan COVID-19, Kampung Tangguh di Kelapa Dua Sediakan Swab Antigen Gratis

Tekan COVID-19, Kampung Tangguh di Kelapa Dua Sediakan Swab Antigen Gratis

Jumat, 26 Februari 2021 | 21:34

TANGERANGNEWS.com-Kampung Tangguh Jaya yang berlokasi Perumahan Dasana Indah, Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, terus menunjukkan usahanya dalam menekan kasus penyebaran COVID-19

HIBURAN
Pameran Beli Kreatif Danau Toba di SMS Tangerang Hadirkan Berbagai Jenis Ulos

Pameran Beli Kreatif Danau Toba di SMS Tangerang Hadirkan Berbagai Jenis Ulos

Kamis, 18 Februari 2021 | 12:54

TANGERANGNEWS.com-Pameran Beli Kreatif Danau Toba yang diluncurkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang, menampilkan berbagai macam produk fashion

"Cara terbaik untuk memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakannya."

Abraham Lincoln