Connect With Us

Cegah Perdagangan Orang, Pemkot Tangerang Segera Bentuk Tim TPPO

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 28 November 2019 | 17:13

Ilustrasi Perdagangan Orang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) akan segera membentuk tim Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Kota Tangerang, Irna Ruidiana mengatakan, pembentukan tim yang merupakan program dari Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) yang mengkategorikan TPPO sebagai kejahatan luar biasa ini untuk mencegah perdagangan orang.

"Ini termasuk extraordinary crime (kejahatan luar bisa), TPPO salah satu diantara, dampaknya ke masyarakat besar," ujarnya saat dikonfirmasi TangerangNews di Gedung Cisadane, Kota Tangerang, Kamis (28/11/2019).

BACA JUGA:

Menurutnya, Kota Tangerang sebagai kota tempat berdirinya Bandara Internasional Soekarno-Hatta dikhawatirkan menjadi tempat transit TPPO ke luar negeri.

Untuk itu, lanjut Irna, dalam tim TPPO yang segera dibentuk, akan ada program khusus pencegahan TPPO yang melibatkan masyarakat.

"Kita jaga dengan perlindungan anak dan perempuan berbasis masyarakat," jelas dia.

Perlindungan berbasis masyarakat yang dimaksud adalah membentuk komunitas masyarakat peduli yang akan melaporkan TPPO ke kelurahan atau tingkat kecamatan untuk diberikan tindakan sesegera mungkin.

Selain itu, TPPO juga akan melibatkan beberapa instansi seperti Keimigrasian wilayah Kota Tangerang, Kepolisian hingga Kejaksaan untuk menindaklanjuti pelaporan.

"Supaya ada kasus biar ada yang lapor ke tingkat kecamatan dan tingkat kota," katanya.(MRI/RGI)

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill