Connect With Us

Dituding Cemari Lingkungan, Ini Tanggapan PT Calindo di Periuk

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 11 September 2020 | 16:52

| Dibaca : 1227

Para anggota DPRD bersama warga dan manajemen PT Calindo Damai Sejahtera Abadi saat berdiskusi tentang limbah pabrik yang dituding mencemari lingkungan, Jumat (11/9/2020). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com–PT Calindo Damai Sejahtera Abadi di kawasan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang memberikan tanggapan setelah pabriknya disidak warga dan Komisi IV DPRD Kota Tangerang karena dituding telah mencemari lingkungan. 

Manager HRD PT Calindo Damai Sejahtera Abadi, Supriyadi Wahyudin menyatakan pihaknya menunggu hasil uji laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang soal tudingan perusahaannya mencemari lingkungan.

"Ya, artinya kalau kita lihat di saluran air, kita enggak bisa menjudge (menuding) bahwa itu dari PT. Calindo semuanya atau enggak. Tapi paling tidak dengan adanya pengambilan sampel dan ini memang sudah beberapa kali dilakukan sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH)," ujarnya, Jumat (11/9/2020). 

Supriyadi mengeklaim perseroannya tidak langsung membuang limbah tanpa diolah terlebih dahulu. "Jadi, yang dibuang saluran air memang ada proses produksi yang memang tidak terkait dengan limbah secara langsung," katanya. 

Supriyadi menuturkan langkah perusahaannya saat ini juga menunggu hasil uji laboratorium dari DLH Kota Tangerang atas sampel limbah yang telah diambil. 

Baca Juga :

"Kalau memang benar indikasinya dari sini (PT Calindo), nanti bagaimana langkah-langkahnya, apa yang harus dilakukan, kita tunggu informasi dari DLH. Jadi, biar nanti (DLH saja). Kita enggak sekadar menebak atau salah persepsi," jelasnya. 

Dia juga mengaku perusahaannya siap menerima sanksi yang berlaku jika limbah yang dihasilkannya terbukti mencemari lingkungan warga. 

"Kalau harus disanksi ya itu kan konsekuensi perusahaan," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua RT setempat, Haerudin mengatakan, lingkungan warga tercemar karena limbah pabrik yang diduga berasal dari PT Calindo Damai Sejahtera Abadi. 

Dampak pencemaran lingkungan akibat limbah, kata dia, selain kerap mencium aroma tak sedap warga juga mengalami gatal-gatal.

"Memang sudah lama pembuangan pabrik seperti ini karena kita dataran lebih rendah selalu meluap. Warga kebauan, gatal, dan kita minta ke depannya pembuangan limbah jangan seperti ini," katanya. (RMI/RAC)

SPORT
Duel Persita Kontra Persiraja Berakhir Imbang 1-1

Duel Persita Kontra Persiraja Berakhir Imbang 1-1

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:28

TANGERANGNEWS.com – Laga Persita Tangerang melawan Persiraja Banda Aceh pada pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2021-2022, yang berlangsung di Stadion Moch. Soebroto, Magelang

KAB. TANGERANG
Tanggapi Permintaan Masyarakat, JRA Kabupaten Tangerang Kembali Gelar Ruqyah Massal

Tanggapi Permintaan Masyarakat, JRA Kabupaten Tangerang Kembali Gelar Ruqyah Massal

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:50

TANGERANGNEWS.com - Pengurus CabangJam'iyah Ruqyah Aswaja (JRA) Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Cisoka dan Jayanti

TANGSEL
Kisah Pilu Atlet Dayung Tangsel Peraih Perunggu, Sempat Minjam Uang untuk Jajan

Kisah Pilu Atlet Dayung Tangsel Peraih Perunggu, Sempat Minjam Uang untuk Jajan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:10

TANGERANGNEWS.com-Perjalanan cukup berat ditempuh para atlet dayung asal Kota Tangerang Selatan yang dipercaya mewakili Provinsi Banten dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pekan lalu

WISATA
Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin