Connect With Us

RSUD Kota Tangerang Beri Tips Olahraga Bagi Lansia Agar Tetap Sehat dan Bugar

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 21 September 2022 | 16:57

Tim PKRS dan Tim Fisioterapi RSUD Kota Tangerang saat berfoto di sela-sela kegiatan edukasi dan sosialisasi Geriatri bagi lansia di Rumah Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kota Tangerang, Rabu, 21 September 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang melalui Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) rutin menyelenggarakan edukasi internal maupun eksternal kepada masyarakat ataupun pasien.

Adapun kegiatan eksternal teranyar yang diselenggarakan Tim PKRS RSUD Kota Tangerang adalah dengan menggelar edukasi dan sosialisasi terkait Geriatri.

Edukasi dan sosialisasi Geriatri yang diikuti puluhan pasien lanjut usia (lansia) tersebut berlangsung di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinas Sosial Kota Tangerang, Rabu, 21 September 2022.

Ketua PKRS RSUD Kota Tangerang, dr. Puja Ratnasari Putri mengatakan, tujuan utama diselenggarakannya edukasi eksternal terkait Geriatri yang bekerja sama dengan Tim Geriatri RSUD Kota Tangerang ini, agar para lansia tetap sehat dan bugar meski usianya sudah menua.

"Jadi, memang PKRS itu punya kegiatan internal dan eksternal. Untuk kegiatan eksternal rutin digelar dalam satu tahun beberapa kali kita selenggarakan," ujarnya. 

Selain edukasi, kata dr. Puja, pihaknya juga menyosialisasikan bahwa pelayanan poli klinik Geriatri RSUD Kota Tangerang yang sudah dibuka kembali pasca-pandemi Covid-19 mulai awal September 2022.

Adapun pelayanan poli klinik Geriatri RSUD Kota Tangerang dibuka setiap Senin atau sepekan sekali.

dr. Puja menuturkan, tidak ada alasan bagi lansia untuk tetap sehat dan bugar dalam menjalani kehidupan pada masa senjanya.

"Jadi, walaupun tua tapi bukan berarti sakit. Kita ingin meski sudah lansia tetap sehat. Makanya, kami ajak Tim Geriatri termasuk ada psikiater dan fisioterapi untuk memberikan edukasi kepada lansia," ungkapnya.

Baca Juga :

Tim Fisioterapi RSUD Kota Tangerang Dina Rahmayani Lubis memberikan tips olahraga kepada para lansia, agar bisa menjaga kesehatan dan kebugaran serta bahagia.

Ia menuturkan, olahraga sangat penting bagi seluruh kalangan usia, dimulai dari usia dini sampai usia lanjut. Adapun khusus bagi lansia yang baru untuk memulai olahraga, katanya, perlu dimulai dari yang paling ringan dulu misalnya peregangan-peregangan pada seluruh otot-otot besar pada tubuh. 

"Jadi, tahapan dalam olahraga yang pertama dilakukan adalah melakukan peregangan terlebih dahulu, kedua pemanasan, ketiga latihan inti dan yang terakhir pendinginan. Itu semua dilakukan secara berurutan agar terhindar dari yang namanya cedera olahraga," katanya.

Peregangan tersebut bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Menurutnya, lansia bisa meregangkan ototnya dengan berjalan pada pagi hari selama minimal 15 menit.

"Ya, bisa dimulai dengan jalan pagi selama minimal 15 menit terlebih dulu, baru setelah terbiasa nanti bertahap meningkat menjadi sampai 30 menit. Ini bisa dilakukan seminggu beberapa kali, tapi jika mampu setiap hari. Kalau misalnya tidak sempat bisa seminggu tiga kali, atau sekali dalam seminggu," jelasnya. 

Selain jalan pagi, lanjutnya, olahraga juga bisa dilakukan dengan cara duduk saja sambil menggerakkan tubuh layaknya senam biasa, ini bagi para lansia yang tidak mampu untuk senam berdiri lama.

"Sambil duduk pun bisa dilakukan. Jadi, yang penting untuk menjaga otot-otot agar tidak kaku," pungkasnya.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill