Connect With Us

Dukung Tertib Adminduk, Disdukcapil Kota Tangerang Ajak Penduduk Non-Permanen Mendaftar

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 27 September 2022 | 14:15

Petugas saat melayani warga di kantor pelayanan Disdukcapil Kota Tangerang di Jalan Perintis Kemerdekaan II, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengajak warga yang bertempat tinggal di luar alamat domisili untuk mendaftar sebagai penduduk non-permanen di Kota Tangerang dalam rangka mewujudkan tertib administrasi penduduk (adminduk).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Ayi Nuryadin menjelaskan, sesuai Permendagri Nomor 74 Tahun 2022, penduduk non-permanen adalah penduduk warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di luar alamat domisili sebagaimana tertera pada kartu tanda penduduk elektronik, kartu keluarga, surat keterangan tempat tinggal yang dimilikinya paling lama satu tahun dan tidak bertujuan untuk menetap.

"Maka dalam rangka tertib adminduk, kami mengajak penduduk non-permanen segera mendaftar," ujarnya kepada TangerangNews, Selasa, 27 September 2022.

Ayi mengatakan, pelaporan penduduk non-permanen bertujuan untuk mewujudkan tertib adminduk dalam mengetahui jumlah penduduk non-permanen dan mendukung tercapainya manfaat data penduduk non-permanen di Kota Tangerang. 

Data penduduk non-permanen ini nantinya digunakan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakkan hukum, dan pencegahan kriminal.

"Pemanfaatannya digunakan untuk pelayanan publik," katanya.

Menurut Ayi, pihaknya sedang menggencarkan sosialisasi dengan para pihak terutama mitra seperti pengelola apartemen, kontrakan, organisasi kemasyarakatan, yayasan, perusahaan yang mempekerjakan orang asing, hingga pihak ketua RT dan RW.

Baca juga: Aplikasi Sobat Dukcapil Kota Tangerang Diklaim Efektif Layani Masyarakat

"Sosialisasi sudah kami lakukan pada akhir Agustus 2022 lalu dengan melibatkan mitra-mitra dalam rangka mengajak penduduk non-permanen untuk melapor," ucapnya.

Sub Koordinator Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Tangerang Nurmalia Asikin mengungkapkan, cara mendaftarkan penduduk non-permanen di Kota Tangerang sangat mudah.

"Pendaftarannya sudah kami buka," katanya.

Menurutnya, pendaftaran penduduk non-permanen di Kota Tangerang bisa dilakukan secara daring maupun luring. Adapun untuk daring bisa mendaftarkan melalui web Sobat Dukcapil.

Sedangkan untuk luring, pemohon bisa mendaftar dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Disdukcapil Kota Tangerang di Jalan Perintis Kemerdekaan II, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang.

"Sejak dibuka awal September hingga hari ini, sudah ada 124 warga yang mendaftar penduduk non-permanen," jelasnya.

Dalam layanan online, pemohon bisa mengakses web https://sobatdukcapil.tangerangkota.go.id/. Lalu, ke menu pada laman situs tersebut. Kemudian, pilih Layanan Kependudukan, dan pilih Daftar Penduduk Non Permanen.

Selanjutnya, pemohon diminta untuk mengunduh dan mengisi formulir kode F.1-15. Lalu, menginput data diri termasuk Nomor Induk Kependudukan, serta upload foto KTP, swafoto, formulir kode F.1-15 yang sudah diisi, dan nomor WhatsApp.

"Jika datanya sudah kami terima dan valid, operator kami akan menyampaikan informasi bahwa pemohon telah terdaftar sebagai penduduk non-permanen," jelasnya.

"Sedangkan untuk pelayanan offline, pemohon silakan langsung data ke kantor pelayanan Disdukcapil Kota Tangerang membawa data diri seperti KTP dan KK," imbuh Nurmalia.

Ia menambahkan, masa pelaporan penduduk non-permanen hanya satu tahun. "Jika sudah expired, maka pemohon diharap untuk mendaftar sebagai penduduk non-permanen kembali kalau memang masih berdomisili di luar alamat Kota Tangerang, tetapi masih berada di Kota Tangerang," pungkasnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

Kamis, 25 April 2024 | 21:01

Sebanyak 300 anak kurang mampu di Kota Tangerang Selatan dapatkan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill