TangerangNews.com

Air Sungai Cisadane Kian Menyusut, PDAM Kota Tangerang Was-was

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 5 Agustus 2019 | 18:56 | Dibaca : 4027


Sungai Cisadane Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang was-was dengan kondisi debit air di Sungai Cisadane yang kian menyusut akibat musim kemarau.

Meskipun begitu, PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang terus berupaya mensuplai air bersih secara kepada pelanggannya.

Asisten Manager Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin mengatakan, sejak sebulan terakhir debit air di Sungai Cisadane setiap harinya menyusut 5 sentimeter.

BACA JUGA:

Menurutnya, debit air di Sungai Cisadane saat ini berada dalam ketinggian 11,20 meter. Sementara ketinggian air pada intake 2,8 meter.

"Penyusutannya sudah mulai jauh dan kita hari ini berusaha menormalkan air di Sungai Cisadane," ujar Ichsan dalam jumpa pers di kantor PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Senin (5/8/2019).

Ichsan menjelaskan, hari ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pemasangan pompa air pada intake.

"Sehingga dengan pompa Dinas PUPR intake berada di ketinggian 3 meter. Karena jika ketinggian intake 2,5 meter sudah warning," jelasnya.

Ichsan menerangkan, jika intake PDAM berada dalam ketinggian debit air 2,5 meter kualitasnya sangat tidak layak untuk dikonsumsi.

"Yang masuk itu sedimentasi lumpur, bukan air sehingga ada endapan kotor," ucapnya.

#GOOGLE_ADS#

Ichsan berharap wilayah Bogor dan Tangerang segera turun hujan agar kuantitas air baku normal. Pasalnya, jika kondisi saat ini terus terjadi, suplai air hanya mampu hingga dua bulan mendatang.

"Kami juga memohon maaf kepada masyarakat atas kondisi yang saat ini sedang terjadi. Karena kalau alam kita tidak bisa berbuat apa-apa. Mudah-mudahan turun hujan," pungkasnya.(MRI/RGI)