TangerangNews.com

Kulit Tangkil & Lidi Asal Banten Bakal Diekspor ke Rusia

Muhamad Ikbal | Jumat, 11 Oktober 2019 | 20:05 | Dibaca : 986


Hasil panen lidi dan kulit tangkil dari Komoditas pertanian asal Banten diekspor ke luar negeri. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)


 

Cilegon - Komoditas pertanian asal Banten yang diekspor ke luar negeri semakin bertambah. Setelah manggis dan jengkol, kini lidi dan kulit tangkil akan diekspor ke Rusia.

Lidi tersebut rencananya akan diekspor mulai bulan depan, volumenya mencapai 500 ton untuk ekspor perdana. Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Cilegon saat ini sedang melakukan pembinaan dan bimbingan ke para petani.

"Mudah-mudahan bulan depan akan kita launching ekspor perdana lidi 500 ton asal Pandeglang, ini kita dampingi dan kita bina, ini pemetaan yang kita lakukan," kata Kepala Balai Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo, Jumat (11/10/2019).

Untuk kulit tangkil sendiri, pemerintah saat ini masih melakukan bimbingan ke para petani agar kualitasnya sesuai dengan permintaan negara tujuan ekspor.

#GOOGLE_ADS#

Baca Juga :

Kendati demikian, pemerintah kehilangan narahubung eksportir lantaran orang yang sudah melakukan komunikasi dengan pihak karantina meninggal dunia.

"Untuk kulit tangkil kita menghadapi kendala, kemarin penghubung negara tujuan ekspor ini meninggal dunia. Tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan menemukan lagi eksportir yang siap memfasilitasi," kata dia.

Selain kedua komoditas ekspor tersebut, produk pertanian asal Banten sudah terlebih dahulu diekspor ke luar negeri. Beberapa komoditas antara lain jengkol, manggis, dan rumput laut. Daerah penghasil produk pertanian itu adalah Kabupaten Lebak dan Pandeglang.(RMI/HRU)