TangerangNews.com

Modus Maling Motor di Tangsel ini Terungkap, Pelaku Mengaku Polisi

Rachman Deniansyah | Selasa, 31 Desember 2019 | 21:17 | Dibaca : 1633


Dua pria tersngka berinisial HDR dan JMR, pelaku penipuan mengenakan pakaian oranye tahanan Polisi. (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)


 

TANGERANGNEWS.com-Dua pria berinisial HDR dan JMR diciduk aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Serpong lantaran telah menipu sejumlah pengguna motor di wilayah Tangerang Selatan. 

Kapolsek Serpong Kompol Stephanus Luckyto menjelaskan, guna melancarkan aksinya, kedua pelaku itu mengaku sebagai anggota polisi.

"Mengakunya dari Satuan Reskrim (Reserse Kriminal).  Mereka tidak menggunakan atribut Polantas (Polisi Lalu Lintas), tapi menggunakan pakaian sipil dengan celana coklat," kata Luckyto di Mapolsek Serpong, Jalan Letnan Sutopo, Serpong, Tangsel, Selasa (31/12/2019).

Kapolsek Serpong Kompol Stephanus Luckyto.

Kedua penipu itu, kata Luckyto, beraksi di wilayah Serpong dan sekitarnya. Mereka berputar dengan menggunakan motor untuk mencari targetnya.

"Ketika mereka menemukan korban atau masyarakat yang sesuai dengan targetnya, mereka langsung menghentikan kendaraan tersebut, dan mengaku sebagai petugas kepolisian," ucapnya. 

#GOOGLE_ADS#

Baca Juga :

Luckyto mengatakan, setelah dihentikan, kedua pelaku langsung mencari pelanggaran korbannya dengan mengecek surat kelengkapan motor tersebut. 

"Jika korban tidak membawa surat-surat, mereka langsung menyita kendaraan tersebut dengan alasan korban bisa mengambil motor miliknya di kantor kepolisian terdekat," terangnya.

Saat itu, lanjutnya, pelaku menyuruh korban untuk mengambil surat kelengkapan motornya. Namun, saat korban tengah mengambil surat kendaraannya, kedua pelaku itu langsung membawa kabur motor milik korbannya. 

Atas perbuatannya itu, kini kedua pelaku itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka mendekam di balik jeruji besi, dengan masa kurungan maksimal lima tahun. 

"Kedua pelaku dikenakan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan," pungkasnya.(RMI/HRU)