TangerangNews.com

Ini Lokasi Layanan Tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 Desember 2020 | 11:08 | Dibaca : 317


Tampak atas Bandara Soekarno-Hatta. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Pada periode angkutan Natal dan Tahun 2020/2021, Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan tes COVID-19 di Airport Health Center yang terletak di 7 titik lokasi.

Keberadaan Airport Health Center ini juga untuk mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan khususnya terkait dengan tes COVID-19 

Hal ini sesuai dengan peraturan di dalam Surat Edaran Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 22/2020 dan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 03/2020.

Adapun lokasi tes COVID-19 di tujuh titik tersebut diantaranya: 

1. Airport Health Center di T2 (Stasiun Skytrain – Walk in service)

2. Airport Health Center di T2 (Terminal 2D – Pre-order service)

3. Airport Health Center di T3 (SMMILE Center – Walk in service)

4. Airport Health Center di T3 (area lounge umroh – Pre-order service)

5. Drive Thru tes di lapangan parkir T3

6. Drive Thru tes di lapangan parkir T2

7. Drive Thru tes di lapangan parkir T1

Diketahui, hingga Selasa (22/12/2020) tercatat jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes COVID-19 hingga sekitar pukul 19.00 WIB lebih dari 3.800 orang.

Dari jumlah tersebut, yang melakukan tes dengan datang langsung ke Airport Health Center (walk in service) sekitar 2.800 orang.

#GOOGLE_ADS#

Baca Juga :

Lalu, yang memesan jadwal terlebih dahulu (pre-order service) sekitar 490 orang dan sisanya yang melakukan tes di kendaraan (drive thru service).

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan waktu sibuk layanan tes COVID-19 di Bandara Soetta terjadi pada pagi hari hingga siang hari.

Untuk tes dengan walk in service, waktu sibuk ada di sekitar pukul 06.00 WIB hingga sekitar pukul 09.00 WIB. Lalu agak menurun pada 10.00 WIB - 12.00 WIB, dan selanjutnya tergolong landai. 

"Sementara untuk layanan pre-order service tergolong landai sepanjang hari, begitu juga dengan drive thru service," ujarnya Rabu (23/12/2020).

Saat waktu sibuk terjadi antrean yang cukup mengular, dan personel keamanan selalu mengingatkan agar calon penumpang pesawat memperhatikan jaga jarak dan selalu memakai masker.

"Pada hari ini juga dilakukan mobilisasi calon penumpang yang ingin melakukan tes dari Airport Health Center Terminal 2 ke Terminal 3, untuk membagi konsentrasi pelaksanaan tes," ujarnya.

Melihat tren pada hari ini, PT Angkasa Pura II mengimbau agar calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes COVID-19 di Bandara Soetta sebaiknya melakukan pre-order terlebih dahulu.

"Agar jadwal tes lebih terencana dan tiba 4 jam di bandara sebelum jadwal keberangkatan," ungkapnya.

Diimbau juga agar calon penumpang pesawat sudah melakukan tes di fasilitas kesehatan di luar bandara guna memperlancar proses keberangkatan.

Bagi yang sudah membawa surat hasil tes sesuai SE Ditjen Perhubungan Udara No. 22/2020 dan SE Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 03/2020, maka bisa datang 2 jam sebelum keberangkatan.

“Perbaikan layanan Airport Health Center akan terus kami lakukan untuk mendukung terpenuhinya protokol kesehatan,” ujar Yado. (RAZ/RAC)