TangerangNews.com

'Meledak' di Desember, Makam Khusus COVID-19 di Tangerang Selatan Penuh

Rachman Deniansyah | Jumat, 8 Januari 2021 | 17:21 | Dibaca : 2497


Taman Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)


TANGERANGNEWS.com-Kapasitas tempat peristirahatan terakhir bagi jenazah terjangkit COVID-19 yang terletak di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, kini penuh.

 #GOOGLE_ADS#

Kepala TPU Jombang, Tabroni mengatakan, bahkan untuk mensiasatinya, saat ini pihaknya akan mulai melakukan perluasan lahan pemakaman tersebut.

"Iya sudah penuh, yang di atas ini total sampai siang ini sudah 494 jenazah yang sudah kami makamkan. Jadi hari ini kita sudah mulai untuk (memakai) blok yang baru, turun ke bawah," ujar Tabroni kepada awak media, Jumat (8/1/2021). 

Penuhnya kapasitas blok pemakaman, tak lain diakibatkan oleh adanya pelonjakan kasus COVID-19 yang luar biasa pada akhir tahun 2020. 

Bahkan, Tabroni menyebut bahwa pelonjakan kasus tertinggi terjadi pada Desember lalu.  

BACA JUGA : Berhubungan Badan dengan Nobu saat masih Istrinya, Ini Komentar Gisel & Gading

"Untuk di Desember kemarin kami memakamkan  117 jenazah dan Januari sampai tanggal 8 siang ini sudah 38 jenazah. Sejak awal pandemi dari Maret itu, yang meledak itu Desember.," tuturnya. 

#GOOGLE_ADS#

Saat ini, untuk perharinya saja terdapat sebanyak enam sampai tujuh jenazah yang dimakamkannya. Bahkan tak jarang, sering juga dia menguburkan jenazah sampai malam hari dan membutuhkan bantuan alat berat.  

"Per hari 6 hingga 7 jenazah. Itu warga Tangsel dan non-Tangsel tapi tinggal di Tangsel," katanya. 

Tabroni menandakan, bahwa banyak masyarakat yang tak mengindahkan protokol kesehatan.

"Itu semua kembali ke masyarakat untuk tetap harus hati-hati dan disiplin masyarakat. Harus lebih disiplin lagi, karena kalau tidak disiplin malah makin bertambah," pungkasnya.