Connect With Us

Canggih, Tangsel Punya CCTV yang Bisa "Ngomong"

Yudi Adiyatna | Kamis, 14 September 2017 | 21:00

| Dibaca : 5853

Ruang ATCS Di Kantor Dinas Perhubungan Tangsel. (@TangerangNews2017 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Guna memantau titik kemacetan dan mengantisipasi tindakan kriminal, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan telah menerapkan sistem Area Traffic Center System (ATCS).

"Ini pengendali lalu lintas berbasis teknologi, dengan adanya ATCS ini ada keringanan teman- teman (petugas Dishub)  di lapangan, ini juga untuk memantau hal- hal yang tidak diinginkan," Kata kepala bidang lalu lintas Dinas Perhubungan Tangsel, Ika, Kamis (14/9/2017)

Ika mengatakan, dengan dioperasikannya sistem ATCS ini,  juga berguna untuk safety pengendara agar tidak melanggar lalu lintas, seperti motor yang berhenti tidak pada tempatnya atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. BACA JUGA : Tarif Parkir di Tangsel Naik, Warga Pertanyakan Pemerintah

"Kalau ada yang melanggar di lampu merah bisa ketauan di CCTV, dan nanti akan di himbau lewat pengeras suara, karena kalau bagian penindakan ranahnya di kepolisian," katanya.

Saat ini, lanjut Ika, terdapat delapan buah kamera CCTV yang bisa berputar 360 derajat untuk memantau dan mengawasi setiap pengendara yang berada di persimpangan jalan.

"Saat ini sudah ada empat persimpangan yang dilengkapi kamera CTZ dan kamera detektor untuk melihat sejauh mana kepadatan kendaraan, sehingga nanti kita bisa menentukan detik di lampu lalu lintas," ungkapnya.

Kedepannya, kata Ika pihaknya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas agar penggunaan ATCS ini berjalan maksimal dan pihak kepolisian juga harus siap dengan data base kendaraan yang dimilikinya.

"Jadi apabila kita sudah memfoto dan merekam plat nomor kendaraan yang melanggar, pihak kepolisian bisa melacak plat nomor tersebut. Ini sudah terpasang dari awal tahun 2016 secara bertahap sampai sekarang," ungkapnya. BACA JUGA : Ini Alasan Dishub Tangsel Naikan Tarif Parkir

Saat ini sendiri baru empat persimpangan yang ada di wilayah Tangsel yang sudah terpasang sistem tersebut, empat wilayah tersebut diantaranya persimpangan German Center BSD, Persimpangan Bundaran Alam Sutera, Persimpangan Gading Serpong, dan Persimpangan Muncul, Setu.

"Rencana ibu wali kota sampai tahun 2021 akan terpasang di 18 titik persimpangan di kota Tangerang Selatan agar masyarakat bisa tertib dan aman," tutupnya.(RAZ)

BISNIS
Intip Isi Kotak 4 Produk AIoT Baru Realme

Intip Isi Kotak 4 Produk AIoT Baru Realme

Selasa, 15 Juni 2021 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Realme, brand smartphone favoritnya anak muda kembali menjadi trendsetter industri teknologi dengan produk-produk unggulan yang mengedepankan inovasi untuk hidup yang lebih cerdas

KAB. TANGERANG
Suara Petir Terdengar Seperti Bom, Hampir Seluruh Tangerang Terkejut 

Suara Petir Terdengar Seperti Bom, Hampir Seluruh Tangerang Terkejut 

Jumat, 18 Juni 2021 | 00:08

Sekitar pukul 18.00 pada Kamis 17 Juni 2021, kurang lebih masyarakat di Kutabumi, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang dihebohkan dengan suara petir yang tidak biasa.

OPINI
Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:16

TANGERANGNEWS.com-Hingga kini sampah plastik masih menjadi permasalahan di negeri kita Indonesia. Data Asosiasi Industri Plastik Indonesai (INAPLAS) dan Badan pusat statistik (BPS)

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab