Connect With Us

Lansia yang Sehat Harus Perhatikan Pola Asupan Gizi

Advertorial | Kamis, 19 April 2018 | 14:00

dr Dian Permatasari, Spesialis Gizi Klinik RSUD Tangerang Selatan. (@TangerangNews.com / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Setiap manusia pasti menua. Namun tidak banyak manusia yang telah memasuki masa lanjut usia (lansia) memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Oleh karenanya, jika ingin hidup dengan keadaan sehat, maka lansia perlu memperhatikan asupan gizi dengan serius.

Seseorang yang disebut dengan lansia yakni mereka yang telah berusia di atas 60 tahun. Dan menurut hasil data penelitian bahwa sebanyak 242 subyek penelitian lansia di Semarang, 31 persen mengalami malnutrisi.

Sedangkan penelitian pada 52 orang lansia di dua Pusaka DKI Jakarta Tahun 2011, sebanyak 30,80 persen obesitas dan 15,38 persen kekurangan gizi.

BACA JUGA:


Berbagai tips agar memiliki umur yang panjang dengan tubuh yang sehat pun dijelaskan oleh Spesialis Gizi Klinik RSUD Tangerang Selatan dr Dian Permatasari.

dr Dian mengatakan, pada saat seseorang memasuki masa lansia maka otot, lemak dan jumlah cairan tubuh berkurang. Untuk itu, perlu adanya pola asupan makan yang terukur seperti memilih makanan yang baik dan hidup sehat.

Memerhatikan asupan nutrisi seimbang merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan lansia. Pola makan sehat juga akan menurunkan risiko berbagai komplikasi penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

”Untuk bisa tetap sehat dan usia panjang, perlu adanya pembatasan asupan makanan. Sebab, usia lansia akan mengalami penurunan napsu makan dan kebutuhan cairan tubuh berkurang,” ujarnya, Selasa (17/4/2018).

dr Dian menuturkan, tak sedikit lansia yang masih mengesampingkan pentingnya asupan gizi. Menurutnya, hal itu dikarenakan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi asupan makan dipicu dari penyakit kroniknya.

Lalu, lansia cenderung kurang beraktivitas. Ada juga, penggunaan obat-obatan yang banyak yang dialami penderita jantung dan ginjal. Serta, kondisi lingkungan, ekonomi dan status sosial.

”Tentunya harus diasupi dengan makanan yang baik-baik. Jadi kalau ingin sehat sebenarnya dari masa anak sampai lansia ini mengandung karbohidrat, protein, lemak tapi harus memilih makanannya," tuturnya.



dr Dian menambahkan, untuk lansia harus memegang prinsip pengaturan pola makan yang biasa disingkat 4J yakni Jumlah, Jadwal, Jenis dan Jurus Memasak.

”Konsumsi garam, gula dan minyak wajib dikurangi. Apalagi memiliki penyakit akut, seperti jantung, ginjal dan diabetes,” jelasnya.

dr Dian menyatakan, harus mengatur porsi makan seperti kabohidrat hanya 45-65 persen, lemak 25-35 persen, protein 15-25 persen, vitamin dan mineral 3-5 porsi/hari. Selain itu, jadwal makan juga harus teragendakan, minimal 2-3 jam makan selingan dari jadwal makan utama.

”Lansia, wajib mengkonsumsi makanan yang sehat-sehat dan menjauhi lemak jahat. Mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi akan membantu lansia mendapatkan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, serta lemak yang mereka butuhkan,” paparnya.(ADV)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill