Connect With Us

Kuota PPDB SMP di Tangsel Bertambah, Jalur Akademik Diprioritaskan

Yudi Adiyatna | Kamis, 20 Juni 2019 | 21:46

Jalur PPDB Online tingkat SMP Negeri. (TangerangNews/2019 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP akan segera dimulai, yakni 24 hingga 27 Juni 2019. Tahun ini, kuota di Kota Tangerang Selatan tersedia 7.000 kursi, atau bertambah 700 kursi dari tahun sebelumnya.

"Ada kenaikan sekitar 700 kursi," ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel, Taryono kepada awak media, Kamis (20/6/2019).

Taryono menuturkan, peminat PPDB Online tingkat SMP Negeri saat ini diperkirakan berjumlah 11 ribu siswa. Jumlah ini diprediksi berdasarkan ulusan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun 2019 sekitar 23 ribu siswa. 

Baca Juga :

Sebagian dari lulusan SD tersebut kemudian diprediksi akan melanjutkan sekolah di daerah lain.

"Jumlah lulusan SD atau MI itu 23 ribu siswa, lalu yang sudah diterima di SMP swasta ada 11 ribuan, kemudian yang melanjutkan bersekolah ke luar Kota Tangsel atau masuk ke pondok-pondok pesantren sebanyak 2 ribuan siswa. Sehingga sisa yang akan daftar secara online ke SMP negeri sebesar 11 ribuan calon siswa," beber Taryono.

Di Tangsel, saat ini tercatat ada 22 SMP negeri yang tersebar di 7 Kecamatan. Pemkot Tangsel melalui Dindikbud lebih mengutamakan jalur nilai akademik, hal itu mengacu berdasarkan diskresi yang ada.

"Itu deskresi kita, kalau dari Mendikbud itu hanya zonasi dan jarak saja," ujar Benyamin Davnie, Wakil Wali Kota Tangsel saat dikonfirmasi.

Diskresi PPDB online tingkat SMP negeri tertuang dalam Keputusan Wali Kota Nomor : 421.3/Kep.218-Huk/2019 tentang Zonasi PPDB online. Kuota untuk jalur prestasi akademik itu sebesar 45 persen.

Sedangkan jalur zonasi berdasarkan jarak sebesar 30 persen, jalur zonasi keluarga tidak mampu, disabilitas atau inkluisi dan aparatur negara sebesar 10 persen. Sisanya terbagi menjadi kuota jalur prestasi dalam dan luar zona, perpindahan orang tua sebesar 5 persen.

"Kita lebih mementingkan kualitas, supaya proses pendidikan sebelumnya ada hasil," tandasnya.(RMI/HRU)

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill