Connect With Us

Pantau Wajib Pajak, Pemkot Tangsel Mulai Pasang Alat Pengawas Mesin Kasir

Yudi Adiyatna | Senin, 29 Juli 2019 | 20:51

Kegiatan sosialisasi optimalisasi pendapatan daerah yang diselenggarakan Bapenda Tangsel Bidang Pajak II di Blandongan, Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel, Ciputat. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan  menggandeng Bank Jabar Banten (BJB) untuk menyediakan alat monitoring transaksi usaha secara daring ( tapping box ) di beberapa tempat usaha yang  di wilayah Tangsel.

Hal tersebut terungkap dalam sosialisasi optimalisasi pendapatan daerah yang diselenggarakan Bapenda Tangsel Bidang Pajak II bertempat di Blandongan, Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel, Ciputat, Senin (29/7).

Kepala Bapenda Kota Tangsel, Dadang Sofyan mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut implementasi kerjasama Pemkot Tangsel dengan Kementerian Keuangan perihal optimalisasi pajak pusat dan daerah.

“Alat tapping box tersebut diharapkan dapat mengontrol para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah.”ungkapnya.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany bersama Kepala Bapenda Kota Tangsel, Dadang Sofyan.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dalam kesempatan tersebut pun menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan untuk menggali potensi wajib pajak, melalui data yang tepat dan benar.

 “Dengan pendataan yang tepat maka kita akan tahu potensi yang ada, wajib pajaknya siapa, dan berapa besar peningkatan pajak dari hasil pendataan tersebut, sehingga tidak berdasarkan asumsi,” katanya.

Baca Juga :

Airin mencontohkan, seperti halnya pajak restoran, pajak ini merupakan titipan dari konsumen yang uangnya harus dikembalikan ke negara dan dari uang tersebut akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Tangsel. Sehingga tapping box ini menjadi alat yang akan membantu pemkot Tangsel dalam peningkatan pendapatan pajak daerah.

“Terima kasih kepada bank Jabar yang telah memberikan alat ini, dikarenakan dua tahun ini saya fokus untuk meningkatkan pendapatan daerah, karena masih banyak potensi yang belum tergali,” tambahnya.

Kepala Bank BJB cabang Tangsel, Ockie Catrena, menjelaskan, tapping box merupakan sebuah alat monitoring transaksi usaha secara daring ( online ) yang dipasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi yang terjadi di tempat usaha.

Nantinya, menurut Ockie data transaksi pembelian di tempat usaha tersebut akan masuk ke peladen ( server ) milik Pemkot Tangsel (Bapenda) dan termonitor secara langsung. 

 “BJB akan memasang alat tapping box sebanyak 100 alat,” pungkasnya.(RMI/HRU)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill