Connect With Us

Tingkatkan PAD dari Sektor PBB, Bapenda Tangsel Gali Potensi PSU

Rachman Deniansyah | Rabu, 31 Juli 2019 | 21:39

Bapenda Tangsel menggelar rapat koordinasi potensi PBB di Hotel Grand Zuri, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, Rabu (31/7/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membentuk tim peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). 

Indri Sari, Kepala Bidang Pajak Daerah 1 Bapenda mengatakan, tim ini akan melakukan pengecekan data untuk menggali potensi dari tanah fasilitas umum atau prasarana, sarana dan utilitas (PSU) para pengembang yang belum membayarkan pajak bumi dan bangunannya.

Bapenda Tangsel menggelar rapat koordinasi potensi PBB di Hotel Grand Zuri, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, Rabu (31/7/2019).

“PSU yang masih dimiliki oleh pengembang itu masih kewajiban membayar pajaknya ke Pemkot Tangsel, untuk itu Bapenda ingin berkoordinasi dan berbagi data, karena kami juga masih keterbatasan data atas wajib pajak pengembang untuk PSU-nya," ujarnya, saat memimpin rapat koordinasi potensi PBB di Hotel Grand Zuri, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, Rabu (31/7/2019).

Indri mengatakan, pihaknya sudah mendata  data komersialnya. Ia akan menggali sisa tanah yang menjadi jalan atau fasilitas umum lainnya. 

"Sehingga kami bisa koordinasi kepada pengembang untuk mendaftarkan potensi pajak tersebut kepada kami (Bapenda), karena kami keterbatasan data, upaya tersebut belum maksimal, sehingga kegiatan ini diadakan dengan melibatkan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Dinas Perkimta, Aset Daerah, Dinas Bangunan dan lainnya,” tambahnya.

Baca Juga :

Ia menambahkan, tim ini akan melakukan berbagi data yang bisa dimanfaatkan bersama untuk menggali potensi dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

“Pihak kecamatan akan berkordinasi dengan kelurahan untuk memberikan data perumahan dan pemukiman yang ada di wilayah masing-masing. DPMPTSP dan Bapenda akan _sharing_ (berbagi) informasi terkait data perumahan yang mengajukan IMB, termasuk dengan _siteplan_ (rancangan peta) yang akan dikordinasikan oleh bagian pemetaan, Perkimta akan memberikan data kepada kami PSU yang sudah diberikan oleh pengembang namun belum tercatat sebagai aset, bidang aset akan memberikan data pengembang yang sudah tercatat sebagai aset,” jelasnya.

Sekretaris DPMPTSP Kota Tangsel Eki Herdiana mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagi data dengan Bapenda. 

“Kita duduk bareng dan saling berbagi data, tujuannya satu untuk meningkatkan potensi pajak daerah yang belum tergali, dengan duduk bersama ini diharapkan ada potensi besar yang bisa digali dari sektor PBB ini,” singkatnya.(RMI/HRU)

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill