Connect With Us

Tiap Hari Puluhan Ton Sampah Plastik Bertebaran di Tangsel

Rachman Deniansyah | Selasa, 10 November 2020 | 21:20

Tampak sampah menumpuk di jalan wilayah Serua Indah, Ciputat Tangsel. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Meski penggunaan plastik di sejumlah wilayah sudah dilarang. Namun puluhan ton sampah jenis plastik masih menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Kota Tangsel, setiap harinya.  

 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Yepi Suherman menuturkan dari sebanyak 400 ton sampah yang dihasilkan, terdapat 11 persen diantaranya merupakan sampah plastik, atau hampir mencapai sebanyak 44 ton.

 

"Kalau sampah plastik di kita itu ada sekitar 11 persenan. Lebih kurang dari jumlah sampah (400 ton) per harinya," ungkap Yepi kepada Tangerangnews.com saat dihubungi, Selasa (10/11/2020). 

 

Jumlah tersebut masih terbilang banyak, meski surat edaran terkait pengurangan pemakaian plastik sempak digalakkan beberapa waktu lalu. 

 

"Pernah ada, Imbauan Wali Kota terkait pengurangan (plastik). Tapi kalau secara signifikan sih enggak (berpengaruh), karena mungkin dari perilaku sih susah dari masyarakat.Tapi kalau lingkup aparat, pemerintah kita musti menerapkan gitu, sebagai contoh," tuturnya.

 

Menurut Yepi, hingga saat ini pengurangan sampah plastik masih sulit diterapkan. 

 

"Lebih-lebih kalau sampah di pasar tradisional itu masih pakai plastik untuk kemasannya," katanya.

Namun nantinya jika memang persoalan sampah plastik itu makin tak dapat dikendalikan, Yepi menegaskan bahwa pihaknya akan membuat peraturan tegas atas penggunaan sampah plastik, seperti di Kota Bogor, dan lainnya. 

 

"Kita lihat kondisinya nanti, karena kalau memang di sini sudah sangat parah. Ya mau tidak mau harus dibuat aturan juga kan untuk pelarangan atau denda gitu kan ya," katanya. 

 

Nenurutnya dalam membuat aturan perlu kajian matang dahulu."Karena di tempat lain pun larangan tas plastik sudah diedarkan ke beberapa supermarket," pungkasnya.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill