Connect With Us

Tiap Hari Puluhan Ton Sampah Plastik Bertebaran di Tangsel

Rachman Deniansyah | Selasa, 10 November 2020 | 21:20

| Dibaca : 376

Tampak sampah menumpuk di jalan wilayah Serua Indah, Ciputat Tangsel. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Meski penggunaan plastik di sejumlah wilayah sudah dilarang. Namun puluhan ton sampah jenis plastik masih menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Kota Tangsel, setiap harinya.  

 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Yepi Suherman menuturkan dari sebanyak 400 ton sampah yang dihasilkan, terdapat 11 persen diantaranya merupakan sampah plastik, atau hampir mencapai sebanyak 44 ton.

 

"Kalau sampah plastik di kita itu ada sekitar 11 persenan. Lebih kurang dari jumlah sampah (400 ton) per harinya," ungkap Yepi kepada Tangerangnews.com saat dihubungi, Selasa (10/11/2020). 

 

Jumlah tersebut masih terbilang banyak, meski surat edaran terkait pengurangan pemakaian plastik sempak digalakkan beberapa waktu lalu. 

 

"Pernah ada, Imbauan Wali Kota terkait pengurangan (plastik). Tapi kalau secara signifikan sih enggak (berpengaruh), karena mungkin dari perilaku sih susah dari masyarakat.Tapi kalau lingkup aparat, pemerintah kita musti menerapkan gitu, sebagai contoh," tuturnya.

 

Menurut Yepi, hingga saat ini pengurangan sampah plastik masih sulit diterapkan. 

 

"Lebih-lebih kalau sampah di pasar tradisional itu masih pakai plastik untuk kemasannya," katanya.

Namun nantinya jika memang persoalan sampah plastik itu makin tak dapat dikendalikan, Yepi menegaskan bahwa pihaknya akan membuat peraturan tegas atas penggunaan sampah plastik, seperti di Kota Bogor, dan lainnya. 

 

"Kita lihat kondisinya nanti, karena kalau memang di sini sudah sangat parah. Ya mau tidak mau harus dibuat aturan juga kan untuk pelarangan atau denda gitu kan ya," katanya. 

 

Nenurutnya dalam membuat aturan perlu kajian matang dahulu."Karena di tempat lain pun larangan tas plastik sudah diedarkan ke beberapa supermarket," pungkasnya.

NASIONAL
Ini Respon Cepat KPCPEN Sikapi Kondisi Peningkatan Kasus COVID-19

Ini Respon Cepat KPCPEN Sikapi Kondisi Peningkatan Kasus COVID-19

Senin, 21 Juni 2021 | 14:37

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo menerima laporan beberapa wilayah kini memiliki bed occupancy rate (BOR) untuk rumah sakit khusus pasien Covid -19 sudah berada di atas 70 persen

PROPERTI
Serah Terima Unit Apartemen Sky House BSD Tangerang Mulai Juli 2021

Serah Terima Unit Apartemen Sky House BSD Tangerang Mulai Juli 2021

Jumat, 18 Juni 2021 | 17:22

TANGERANGNEWS.com-Risland, pengembang Apartemen Sky House BSD+ telah menyelesaikan pembangunan fase satu telah yang terdiri dari dua tower yaitu Tower Jervois dan Tower Leonie

BANDARA
Kawasan Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta Disemprot Disinfektan

Kawasan Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta Disemprot Disinfektan

Senin, 14 Juni 2021 | 19:20

TANGERANGNEWS.com-Kawasan Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang disemprot disinfektan oleh PT Angkasa Pura II untuk mencegah penularan COVID-19, Senin 14 Juni 2021

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab