Connect With Us

Tim Basket 3x3 Banten Gagal Berlaga di Pra PON

Mohamad Romli | Rabu, 26 Juni 2019 | 21:33

Tim Basket 3X3 Kota Tangerang dalam sebuah pertandingan beberapa waktu yang lalu. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Banten gagal mengirim tim Basket 3x3 untuk berlaga pada babak kualifikasi PON XX 2020 Papua. Hal tersebut lantaran, Pengurus Pengprov (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Banten terlambat memberikan daftar nama pemain yang akan diturunkan di Pra PON kepada Pengurus Besar (PB) Perbasi.

Akibatnya, tim Basket 3x3 Banten untuk Pra PON pun tak lolos Verifikasi. Seharusnya, Data nama pemain serta Official sudah diterima pada 17 Mei 2019 lalu. 

"Hasil verifikasi panitia 3x3 bahwa tim banten ga bisa ikut serta karena tidak lolos verifikasi. Pengprov punya dead line waktu yang sudah di tentukan. Kami tidak bisa memenuhi permintaan itu dan khusus 3x3 Karena data pemain menggunakan sistem online. Yang buka link-nya adalah FIBA, bukan Pengprov lagi," ujar Sekretaris Umum Perbasi Banten Donny Hermawan kepada wartawan, Rabu, (26/6/2019).

BACA JUGA:

Doni mengakui adanya kesalahfahaman yang terjadi antara Pengrov Perbasi Banten dengan Pengcab Perbasi Kota Tangerang. "Ini memang ada miss komunikasi antara Pengprov Perbasi Banten dan tim yang ditunjuk untuk tangani tim 3x3," imbuhnya.

Meski gagal untuk nomor 3x3, Perbasi Banten kini tengah fokus dalam mematangkan persiapan tim 5x5 Basket yang dipastikan berlaga di Pra PON. Tim Basket 5x5 Banten saat ini terbentuk, total ada 12 pemain dari tim Putra dan 12 pemain dari tim putri. Pemain tersebut didapat dari hasil seleksi yang digelar Perbasi Banten sebanyak 3 tahap serta dari hasil Talent Scouting.

"Dan kita sekarang sedang fokus ke 5x5 dan persiapan sudah siap tanding dan mohon doanya agar bisa lolos ke PON XX Papua 2020," ujar Doni.

Ketua Bidang Prestasi Perbasi Kota Tangerang, Audy Pahala menyayangkan hal tersebut dapat terjadi. Padahal, Tim 3x3 Banten menurut Audy sangat berpotensi lolos PON Papua XX 2020. Dia pun menilai Pengprov Perbasi Banten tak serius dalam menangani tim Basket 3x3.

"Saya telusuri kan ada surat dari pusat ke Pengprov kemudian surat ini tidak di follow up oleh pengprov. Daerah lain se-Indonesia pun mereka follow up surat keikutsertaan itu. Lalu mereka kirim sementara daftar nama_nama, kemudian nama pemain itu bisa direvisi. saya tidak mengerti dengan Pengprov Banten," ujarnya.

Sebelumnya, Pengprov Perbasasi Banten telah menunjuk Pengcab Perbasi Kota Tangerang untuk membentuk tim 3x3 Banten. Penunjukkan tersebut dilakukan lantaran prestasi Kota Tangerang di Cabor Basket 3x3 sangat baik. 

"Tanggal 6 Mei itu Pengprov Banten meminta kepada Perbasi Kota Tangerang untuk membentuk tim Basket 3x3. Pengprov sanggup atau tidak untuk memenuhi semua biaya kalau dibebani ke Kota saya tidak mau. Lalu mereka menyanggupi. Lalu saya bantu tunjuk pelatihnya dan beberapa pemainnya," ujarnya.

Namun, diakui Audy tidak ada penunjukkan secara resmi dari Pengrov Perbasi Banten kepada Pengcab Kota Tangerang untuk membentuk tim Basket 3x3. "Seolah-olah, 3x3 Banten ini seratus persen tanggung jawab Kota Tangerang. Padahal secara resmi, mereka memberi mandat saja tidak ada. tidak ada pernyataan resminya," pungkasnya.(MRI/RGI)

NASIONAL
Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:14

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'.

AYO! TANGERANG CERDAS
Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Gen Z Makin Ogah Nonton TV, Undira Gelar Talk Show Soal Tantangan Industri Penyiaran

Rabu, 6 Maret 2024 | 12:51

Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar talkshow mengusung tema “Peluang dan Tantangan Industri Penyiaran"

BANTEN
 Nippon Paint Donasikan 1.115 Liter Cat untuk Percantik 35 Masjid di Banten

Nippon Paint Donasikan 1.115 Liter Cat untuk Percantik 35 Masjid di Banten

Senin, 18 Maret 2024 | 23:00

Demi mendukung kekhusyukan beribadah umat muslim di bulan Ramadan, Nippon Paint berupaya membuat sarana peribadatan lebih layak, bersih, dan nyaman.

BANDARA
1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

Jumat, 8 Maret 2024 | 14:11

Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan 2.564 pcs olahan pangan viral Milk Bun asal Thailand, Jumat 08 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill