Connect With Us

Isi Kemerdekaan, Kodim Cilegon Silaturahmi dengan Ulama

Muhamad Ikbal | Selasa, 6 Agustus 2019 | 14:22

| Dibaca : 405

Dandim 0623/Cilegon, Letkol (Arm) Rico Ricardo Sirait saat bersalaman dengan para para ulama di Cilegon. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)

 

TANGERANGNEWS.com - Menjelang peringatan HUT RI ke-74, Kodim 0623/Cilegon menggelar silaturahmi dengan para ulama. Silaturahmi itu untuk mengingatkan tentang perjuangan kemerdekaan oleh para ulama.

Banten secara umum dan khususnya Cilegon adalah tanah para jawara dan ulama. Peristiwa perlawanan rakyat di Cilegon terhadap penjajah dimotori oleh para ulama.

Dandim 0623/Cilegon, Letkol (Arm) Rico Ricardo Sirait mengatakan, tahun 1888 perlawanam rakyat Banten terhadap penjajah dibuktikan dengan pemberontakan. Mereka melakukan perlawanan jauh sebelum hari kemerdekaan tiba.

"Tahun 1888 titik pusat perjuangan rakyat Banten, adanya di Cilegon. Ulama bisa mempersatukan rakyat (meski) waktu itu dalam keadaan sulit pascameletusnya gunung Krakatau, ditambah kebijakan penjajah Belanda," katanya, Selasa (6/8/2019).

Semangat perlawanan itu kemudian menimbulkan benih-benih perjuangan rakyat terhadap penjajah kala itu di berbagai wilayah di Banten. Pemberontakan rakyat terhadap penjajah di Cilegon kemudian disebut peristiwa Geger Cilegon.

"Saat sekarang kita sedang mengisi kemerdekaan dan membangun negara kita, kiranya para ulama juga turut serta mendorong (mengisi) kemerdekaan saat ini," ujarnya.

Kodim Cilegon sengaja mengadakan acara ini untuk mengingatkan kembali arti kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para ulama. Dengan begitu, warga Cilegon dapat lebih menghargai perjuangan para ulama dengan ikut mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. (MI/MRI/HRU).

TANGSEL
Beroperasi Besok, Tol Kunciran-Serpong Gratis 2 Minggu

Beroperasi Besok, Tol Kunciran-Serpong Gratis 2 Minggu

Jumat, 6 Desember 2019 | 23:26

TANGERANGNEWS.com-Tol Kunciran-Serpong yang menghubungkan Ibu Kota Jakarta dengan Provinsi Banten mulai dioperasikan besok, Sabtu

WISATA
7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

Jumat, 15 November 2019 | 16:04

TANGERANGNEWS.com-Katakan segala hal yang Anda ketahui mengenai Padang. Mulai dari Teluk Bungus, Kepulauan Mentawai, Wisata Bukittinggi, Taman Nasional Kerinci Seblat, Batu Malin Kundang, Sambal Balado, dan Jam Gadang.

SPORT
Transmedia Juarai SMLBT 2019

Transmedia Juarai SMLBT 2019

Senin, 2 Desember 2019 | 18:50

TANGERANGNEWS.com- Tim basket Transmedia masih terlalu kuat bagi Gojek. Setelah melalui laga seru dan ketat, Transmedia mengalahkan Gojek 48-

TEKNO
5 Tips Ampuh Menguasai Arena of Valor buat Pemula

5 Tips Ampuh Menguasai Arena of Valor buat Pemula

Jumat, 29 November 2019 | 14:32

TANGERANGNEWS.com-Multiplayer online battle arena, dikenal juga dengan sebutan MOBA, adalah genre game yang begitu digandrungi saat ini. Di

"Tanpa strategi, eksekusi bisa kehilangan arah, Tanpa eksekusi, strategi tidak ada gunanya."

Morris Chang