Connect With Us

9 Ribu Kapal Sandar di Pelabuhan di Banten, Syahbandar Terapkan Zonasi

Muhamad Ikbal | Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:45

| Dibaca : 1046

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten menggelar kegiatan sosialisasi sistem zonasi untuk kapal-kapal di pelabuhan yang ada di Banten. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)

 

TANGERANGNEWS.com-Sekitar 9 ribu kapal dalam negeri dan luar negeri berlabuh di pelabuhan yang ada di Banten. Terkadang, kapal-kapal sulit berlabuh lantaran antrean yang panjang.

Selain tempat berlabuh kapal yang belum menentu, alur di laut Selat Sunda juga masih terbilang belum sempurna. Dibutuhkan zonasi berlabuh kapal agar keselamatan pelayaran tetap terjaga.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten pun menerapkan sistem zonasi di setiap pelabuhan di Banten. Hal tersebut untuk memenuhi keamanan dan keselamatan lalu lintas pelayaran.

Baca Juga :

"Karena memang kunjungan (kapal) di pelabuhan Banten semakin tinggi bisa dilihat juga banyak kapal tidak menentu, tidak ada tempat labuhnya, kemudian alurnya juga belum sempurna," kata Kepala KSOP Banten, Herwanto kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Sistem zonasi akan diterapkan di tiap pelabuhan baik pelabuhan umum maupun pelabuhan terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS). 

"Yang jelas setiap tahun ada peningkatan satu tahun itu rata-rata 9.974 di tahun 2018, jadi mau tidak mau kita harus fokus pada keamanan dan keselamatan kapal itu," kata dia. (MI/MRI/HRU)

NASIONAL
Pengalaman Atasi Konflik, M Nazar Masuk Radar Menteri Sosial

Pengalaman Atasi Konflik, M Nazar Masuk Radar Menteri Sosial

Senin, 21 Oktober 2019 | 10:31

TANGERANGNEWS.com-Usai dilantik, Presiden Joko Widodo menginginkan agar kedepan pemerintahannya, termasuk kementerian-kementerian di bawahnya, harus mampu mengatasi persoalan-persoalan klasik yang monoton tanpa solusi dan hasil.

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

HIBURAN
Makin 'Wah', Pucuk Cool Jam 2020 Hadir di 7 Kota Besar

Makin 'Wah', Pucuk Cool Jam 2020 Hadir di 7 Kota Besar

Rabu, 2 Oktober 2019 | 18:52

TANGERANGNEWS.com-Pucuk Cool Jam kembali menantang kaum milenial untuk unjuk kemampuan dalam dunia tarik suara dan seni. Setelah dihelat sejak tahun 2016, event yang digawangi Teh Pucuk Harum itu kembali hadir tahun ini.

KAB. TANGERANG
Operasi Pengamanan Pemilu 2019 di Tangerang Sukses

Operasi Pengamanan Pemilu 2019 di Tangerang Sukses

Senin, 21 Oktober 2019 | 19:00

TANGERANGEWS.com- Pelaksana Harian Kapolresta Tangerang AKBP Komarudin memimpin apel konsolidasi Operasi Mantap Brata Kalimaya di depan

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro