Connect With Us

Begini Konsep Gedung Pintar Polresta Tangerang

Mohamad Romli | Rabu, 7 Februari 2018 | 14:00

| Dibaca : 1502

Desain pembangunan gedung Polres Kota (Polresta) Tangerang di Tigaraksa. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan gedung Polresta Tangerang di Tigaraksa jika terealisasi sesuai dengan perencanaan akan dijadikan percontohan oleh Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, untuk pembangunan gedung kepolisian di seluruh Indonesia, karena gedung tersebut dibangun dengan konsep gedung pintar.

Rencananya, gedung empat lantai tersebut akan dilengkapi dengan sistem informasi teknologi. Seluruh unit akan dilengkapi sistem pengawasan sehingga semua aktivitas digedung tersebut selalu terpantau.

Sistem informasi juga memungkinkan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) saling terintegrasi dengan seluruh satuan, seperti pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) serta pelayanan lainnya.

BACA JUGA:

Pada saat memasuki gedung utama, pengunjung akan disambut layanan informasi dan ruang lobbi dengan desain interior yang humanis tidak seperti gedung kepolisian pada umumnya, karena konsepnya adalah kantor pelayanan. Selain itu, gedung ini juga dirancang ramah terhadap kelompok difabel.

Lantai dua rencananya akan digunakan untuk Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim). Saat memasuki lantai dua, karena sistem terintegrasi ke SPKT, petugas Sat Reskrim sudah mengetahui maksud dan tujuan kedatangan pengunjung tersebut.

Lantai tiga rencananya adalah ruang command center dan intel, ruang ini juga akan dilengkapi perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Lantai tiga juga sekaligus menjadi ruang pengolah data yang akan ditempilkan secara real time dalam layar monitor.

Lantai empat rencananya digunakan untuk aula. Sementara barak Sabhara terletak disamping gedung utama dengan ruang tahanan di belakangnya. Penjagaan gedung berbasis teknologi juga memungkinkan petugas dapat memantau tahanan lebih mudah.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif berharap proses pembangunan berjalan lancar dan memberi manfaat bagi masyarakat.

"Konsep smart building yang diterapkan dilatarbelakangi keinginan institusi kepolisian memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat," katanya.(RAZ/RGI)

BANDARA
Valentine 2019, Bandara Soekarno-Hatta Beri Kejutan Penumpang

Valentine 2019, Bandara Soekarno-Hatta Beri Kejutan Penumpang

Kamis, 14 Februari 2019 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Hari Valentine 2019 bersungguh-sungguh dalam memanjakan penumpang dengan menyuguhkan sejumlah kejutan yang tidak dapat terlupakan.

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

NASIONAL
Harry Kurniawan Jadi Kapolres Metro Jakarta Pusat

Harry Kurniawan Jadi Kapolres Metro Jakarta Pusat

Selasa, 22 Januari 2019 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian kembali merombak susunan perwira tinggi dan menengah.

KOTA TANGERANG
Cetak Bibit, 87 Klub SSB Berlaga di Stadion Benteng Tangerang

Cetak Bibit, 87 Klub SSB Berlaga di Stadion Benteng Tangerang

Sabtu, 16 Februari 2019 | 16:49

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang menginisiasi Festival HUT Kota Tangerang ke-26 dengan pagelaran turnamen antar SSB (sekolah

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot