Connect With Us

Begini Konsep Gedung Pintar Polresta Tangerang

Mohamad Romli | Rabu, 7 Februari 2018 | 14:00

| Dibaca : 980

Desain pembangunan gedung Polres Kota (Polresta) Tangerang di Tigaraksa. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan gedung Polresta Tangerang di Tigaraksa jika terealisasi sesuai dengan perencanaan akan dijadikan percontohan oleh Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, untuk pembangunan gedung kepolisian di seluruh Indonesia, karena gedung tersebut dibangun dengan konsep gedung pintar.

Rencananya, gedung empat lantai tersebut akan dilengkapi dengan sistem informasi teknologi. Seluruh unit akan dilengkapi sistem pengawasan sehingga semua aktivitas digedung tersebut selalu terpantau.

Sistem informasi juga memungkinkan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) saling terintegrasi dengan seluruh satuan, seperti pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) serta pelayanan lainnya.

BACA JUGA:

Pada saat memasuki gedung utama, pengunjung akan disambut layanan informasi dan ruang lobbi dengan desain interior yang humanis tidak seperti gedung kepolisian pada umumnya, karena konsepnya adalah kantor pelayanan. Selain itu, gedung ini juga dirancang ramah terhadap kelompok difabel.

Lantai dua rencananya akan digunakan untuk Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim). Saat memasuki lantai dua, karena sistem terintegrasi ke SPKT, petugas Sat Reskrim sudah mengetahui maksud dan tujuan kedatangan pengunjung tersebut.

Lantai tiga rencananya adalah ruang command center dan intel, ruang ini juga akan dilengkapi perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Lantai tiga juga sekaligus menjadi ruang pengolah data yang akan ditempilkan secara real time dalam layar monitor.

Lantai empat rencananya digunakan untuk aula. Sementara barak Sabhara terletak disamping gedung utama dengan ruang tahanan di belakangnya. Penjagaan gedung berbasis teknologi juga memungkinkan petugas dapat memantau tahanan lebih mudah.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif berharap proses pembangunan berjalan lancar dan memberi manfaat bagi masyarakat.

"Konsep smart building yang diterapkan dilatarbelakangi keinginan institusi kepolisian memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat," katanya.(RAZ/RGI)

TOKOH
Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Minggu, 13 Mei 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Budi Sabarudin, salah satu jurnalis Tangerang selain berprofesi sebagai pewarta juga dikenal sebagai pendongeng. Bahkan kiprah pria yang akrab disapa Budi Euy ini telah merambah hingga ke Lampung Selatan.

SPORT
Siswa PAUD di Karawaci Dimotivasi dengan Senam Ceria

Siswa PAUD di Karawaci Dimotivasi dengan Senam Ceria

Jumat, 11 Mei 2018 | 20:00

TANGERANGNEWS.com- – Anak usia dini harus terus diasah kreativitasnya. Seperti dengan berbagai macam kegiatan. Termasuk dengan lomba senam kreatif.

TEKNO
Samsung Rilis Galaxy A8+ Edisi Spesial Avenger : Infinity War

Samsung Rilis Galaxy A8+ Edisi Spesial Avenger : Infinity War

Jumat, 27 April 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Samsung meluncurkan Samsung Galaxy A8 + Avengers Marvel Studio: Infinity War Special Edition dalam jumlah yang sangat terbatas, yaitu 500 barang koleksi. Smartphone ini hanya akan tersedia saat Avengers Marvel Studio: Infinity War

"Penderitaan terburuk dalam hidup bukanlah dengan kalah, kehilangan sesuatu maupun kemalangan yang menimpa, melainkan rasa takut akan sesuatu dan kemudian ketakutan itu tak pernah terlepas dari diri Anda."

Anonim