Connect With Us

Diusia 42 Tahun, PDAM TKR Raih Beragam Prestasi Membanggakan

Advertorial | Senin, 2 April 2018 | 11:00

| Dibaca : 1270

Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews.com / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Pada 13 April 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang telah berusia 42 tahun. Sebuah rentang waktu yang cukup panjang bagi sebuah lembaga yang berjibaku menghadirkan layanan air bersih bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Lika-liku perusahaan yang telah hadir sejak periode penjajahan Belanda yang kemudian resmi menjadi milik Pemkab Tangerang sejak 42 tahun silam ini, juga sepanjang saluran pipa yang membawa air mengalir. Sepanjang itu pula beragam prestasi telah diukir menjadi prasasti sejarah.

BACA JUGA:

Pada tahun 2017, PDAM TKR yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang No 16/1976 itu mendapatkan peringkat kedelapan dari 391 PDAM di Indonesia yang dinilai Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM).

"Prestasi ini adalah capaian kinerja atas kerja keras dewan direksi, dewan pengawas serta seluruh pegawai PDAM Tirta Kerta Raharja," ujar Direktur Utama PDAM TKR, H Rusdy Machmud, Senin (2/4/2018).

Masih kata Rusdy, sebelumnya, pada tahun 2016, peringkat PDAM TKR masih diurutan ke-20, artinya meningkat 12 tingkat.

"Kami terus meningkatkan kinerja pada aspek keuangan, pelayanan, operasional dan sumber daya manusia, empat aspek itu menjadi menjadi poin penting keberhasilan ini," tambahnya.

Hasilnya, berdasarkan metode Balance Scored Card tim penilai dengan pembobotan aspek keuangan dengan 

bobot 25 persen, pelayanan 25 persen, operasional 35 persen dan sumber daya manusia 15 persen, PDAM Tirta Kerta Raharja meraih skor 4,01 dan masuk kelompok sebagai PDAM yang sehat.

Ia pun menegaskan, sesuai dengan rekomendasi BPPSPAM tersebut untuk meningkatkan kinerja pada tahun 2018 ini, pihaknya akan meningkatkan jam operasi layanan, penghematan biaya energi, meningkatkan rasio diklat untuk meningkatkan kompetensi pegawai, dan meningkatkan kerjasama berbagai pihak untuk semakin memudahkan pelanggan membayar rekening air.

"Tahun 2018 ini, kami menargetkan bertambahnya 33.135 sambungan langganan baru, saat ini, berdasarkan data Desember 2017, sudah 141.290 SL terlayani. Kami sudah menambah kemampuan produksi air dengan dibangunnya IMTEK Solear dan Bojong Renged, sehingga cakupan layanan sambungan baru akan terus bertambah," jelasnya.

Selain prestasi tersebut, lanjutnya, PDAM TKR pun pada tahun 2017 mendapatkan predikat sebagai PDAM dengan kategori baik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga hal itu semakin memacu jajaran direksi, dewan pengawas serta pegawai untuk semakin terpacu untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

"Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggan kami, tapi juga Pemerintah Kabupaten Tangerang dan masyakat," tukasnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Humas PDAM TKR, H Syamsudin, pada perayaan hari jadi ke-42 yang akan jatuh pada 13 April mendatang, PDAM TKR akan memperingatinya secara sederhana namun penuh makna.

Rangkaian kegiatan berbagi kebahagiaan bersama mereka yang harus mendapatkan kepedulian diwujudkan melalui santunan kepada anak yatim piatu disekitar kantor pusat dan seluruh kantor cabang.

"Jumlahnya anak yatim piatu yang akan mendapatkan santunan 420 anak. Kegiatan lainnya berupa donor darah dan tausiyah yang akan menghadirkan penceramah terkemuka," katanya.(ADV)

AYO! TANGERANG CERDAS
UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

Kamis, 2 April 2020 | 13:44

TANGERANGNEWS.com–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP negeri maupun swasta di Kota Tangerang ditiadakan. Namun, try out atau uji coba tetap diselenggarakan

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

KAB. TANGERANG
Persita Tangerang Rilis Bus Baru, Ini Penampakannya

Persita Tangerang Rilis Bus Baru, Ini Penampakannya

Kamis, 2 Juli 2020 | 13:30

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang kini memiliki bus dengan fasilitas mumpuni untuk operasional tim berjuluk Pendekar Cisadane tersebut.

HIBURAN
Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Kamis, 4 Juni 2020 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Ferdian Paleka dapat menghirup napas bebas setelah sempat ditahan dibalik jeruji besi karena kasus prank sembako sampah

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein