Connect With Us

Bawaslu Tangerang Luncurkan Desa Baru, Ini Tujuannya

Maya Sahurina | Senin, 15 April 2019 | 19:22

| Dibaca : 520

Kegiatan deklarasi mengantisipasi serta mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Tangerang di halaman kantor Bawaslu di Tigaraksa, Senin (15/4/2019). (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang mendeklarasikan Desa Baru Wareng Perkasa. Hal ini untuk mengantisipasi serta mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilu 2019.

Deklarasi yang melibatkan unsur masyarakat, Forkominda Kabupaten Tangerang tersebut dihelat di halaman kantor Bawaslu setempat di Tigaraksa, Senin (15/4/2019).

Dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Andi Irawan, Desa Baru Wareng Perkasa merupakan akronim dari Deklarasi Partisipatif Benteng Antisipasi Rakyat dari Kecurangan Pemilu Pengawasan Rakyat Partisipatif.

Kegiatan deklarasi mengantisipasi serta mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Tangerang di halaman kantor Bawaslu di Tigaraksa, Senin (15/4/2019).

"Deklarasi ini adalah sebuah komitmen bersama untuk membangun masyarakat melakukan pengawasan partisipatif," ungkap Andi kepada TangerangNews.

Masih menurut Andi, keterlibatan masyarakat secara luas dalam melakukan pengawasan adalah jalan untuk menghantarkan Pemilu 2019 demokratis. Kata dia, semakin banyak masyarakat terlibat, maka pengawasan Pemilu semakin baik.

Baca Juga :

"Intinya kami ingin membentengi rakyat dari kecurangan pemilu, berita bohong, money politic dan ujaran kebencian," tambahnya.

Teknis partisipasi masyarakat tersebut, lanjutnya, yaitu dengan melaporkan secara cepat kepada Bawaslu jika mendapatkan terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu.

"Masyarakat membantu melaporkan secara cepat dan siap menjadi saksi. Kalau ketemu money politic segera dilaporkan, untuk dilakukan penindakan," terangnya.

Kegiatan deklarasi mengantisipasi serta mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Tangerang di halaman kantor Bawaslu di Tigaraksa, Senin (15/4/2019).

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga berpesan agar masyarakat berpartisipasi secara aktif sebagai pemilih yang cerdas. 

"Karena proses penyelenggaraan Pemilu ini bisa dikategorikan sukses tidak hanya dilihati dari berhasilnya proses penyelenggaraan semata, tetapi juga keikutsertaan masyarakat sebagai pemilih. Ini juga menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pesta demokrasi bangsa Indonesia ini," kata Zaki.(RMI/HRU)

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

KOTA TANGERANG
Imigrasi Bongkar Penipuan Online oleh WNA di Tangerang

Imigrasi Bongkar Penipuan Online oleh WNA di Tangerang

Senin, 24 Juni 2019 | 17:58

TANGERANGNEWS.com-Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang mengamankan 26 orang warga negara asing (WNA) yang tinggal di sejumlah apartemen di Tangerang. Para WNA diduga kesehariannya melakukan penipuan dengan modus online.

OPINI
Suhendar dan Pilkada Tangsel

Suhendar dan Pilkada Tangsel

Kamis, 20 Juni 2019 | 23:48

Bila selama ini isu pergerakan Tangerang Selatan seringkali bermula dari kawasan Ciputat, kini tawaran gerakan perubahan lahir dari daerah paling ujung

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt