Connect With Us

Pemuda Barak Karinding Dilatih Produksi Rekaman

Maya Sahurina | Jumat, 12 Juli 2019 | 21:46

| Dibaca : 666

Organisasi Barak Karinding yang bekerjasama dengan dosen Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar kegiatan workshop bertema Metode Produksi Perekaman Karinding, Jumat (12/7/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com– Di tengah era modern dan digital, sejumlah pemuda di Balaraja, Kabupaten Tangerang masih mempertahankan budaya leluhur dengan melestarikan alat musik Karinding.

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Organisasi Barak Karinding, bekerjasama dengan dosen Universitas Pelita Harapan (UPH) melaksanakan kegiatan workshop bertema Metode Produksi Perekaman Karinding, Jumat (12/7/2019).

Karinding merupakan sebuah alat musik tradisional yang hampir punah dan dilupakan masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pegiat seni musik tradisional khususnya dalam perekaman Karinding. 

BACA JUGA:

Selain itu, penyelenggara acara berharap selain melestarikan musik Karinding, workshop tersebut juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang perekaman. 

Acara yang berlangsung di Kampung Jaha, Desa Sentul Jaya, Balajara itu diikuti oleh para pegiat musik tradisional Karinding, seniman, musisi, dan budayawan serta masyarakat yang memiliki ketertarikan dalam hal kebudayaan. 

“Kami berharap dapat meningkatkan kualitas pegiat seni Karinding dan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya tradisi karinding” jelas Ncek, pegiat Karinding.

Jack Arthur, dosen UPH yang menjadi narasumber menyatakan, keterlibatannya merupakan bentuk dari pengabdian terhadap masyarakat. 

“Ya, ini kan bentuk pengabdian kami sebagai dosen kepada masyarakat, semoga bermanfaat” ungkapnya. 

Inisiator acara Hady Soenarjo selaku dosen UPH sekaligus pendiri Kumpulan Otak Runcing (KOR) menambahkan, sebagai dosen mereka memiliki kewajiban untuk menyalurkan pengetahuan kepada masyarakat.

Selain itu pihak penyelenggara juga mendapat perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah desa Sentul Jaya sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat.(MRI/RGI)

MANCANEGARA
Ayah Termuda di Dunia Ini Depresi Setelah Tahu Fakta Anaknya

Ayah Termuda di Dunia Ini Depresi Setelah Tahu Fakta Anaknya

Senin, 6 April 2020 | 09:14

TANGERANGNEWS.com-Alfie Patten, remaja asal Lower Dicker, Inggris, yang beberapa tahun lalu heboh di media karena menjadi ayah di usia 13 tahun,

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

KAB. TANGERANG
22 Pengedar Narkoba Dibekuk Polresta Tangerang Saat Pandemi Corona

22 Pengedar Narkoba Dibekuk Polresta Tangerang Saat Pandemi Corona

Senin, 6 April 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Meski tengah berlangsung pandemi virus Corona (COVID-19), namun peredaran narkoba terus terjadi. Terkini, Satuan Reserse Narkoba Polresta Tangerang Polda Banten dan jajaran meringkus 22 orang tersangka penyalahguna narkoba

BISNIS
Move in Quickly, Cara Sinar Mas Land Ringankan Cicilan Property Bagi Konsumen

Move in Quickly, Cara Sinar Mas Land Ringankan Cicilan Property Bagi Konsumen

Senin, 6 April 2020 | 15:57

TANGERANGNEWS.com-Untuk membantu masyarakat yang ingin membeli hunian dengan cepat, Sinar Mas Land kini menawarkan solusinya dengan program berskala nasional bernama Move in Quickly. Program penjualan tersebut menawarkan kemudahan

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile