Connect With Us

Pemuda Barak Karinding Dilatih Produksi Rekaman

Maya Sahurina | Jumat, 12 Juli 2019 | 21:46

| Dibaca : 379

Organisasi Barak Karinding yang bekerjasama dengan dosen Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar kegiatan workshop bertema Metode Produksi Perekaman Karinding, Jumat (12/7/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com– Di tengah era modern dan digital, sejumlah pemuda di Balaraja, Kabupaten Tangerang masih mempertahankan budaya leluhur dengan melestarikan alat musik Karinding.

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Organisasi Barak Karinding, bekerjasama dengan dosen Universitas Pelita Harapan (UPH) melaksanakan kegiatan workshop bertema Metode Produksi Perekaman Karinding, Jumat (12/7/2019).

Karinding merupakan sebuah alat musik tradisional yang hampir punah dan dilupakan masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pegiat seni musik tradisional khususnya dalam perekaman Karinding. 

BACA JUGA:

Selain itu, penyelenggara acara berharap selain melestarikan musik Karinding, workshop tersebut juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang perekaman. 

Acara yang berlangsung di Kampung Jaha, Desa Sentul Jaya, Balajara itu diikuti oleh para pegiat musik tradisional Karinding, seniman, musisi, dan budayawan serta masyarakat yang memiliki ketertarikan dalam hal kebudayaan. 

“Kami berharap dapat meningkatkan kualitas pegiat seni Karinding dan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya tradisi karinding” jelas Ncek, pegiat Karinding.

Jack Arthur, dosen UPH yang menjadi narasumber menyatakan, keterlibatannya merupakan bentuk dari pengabdian terhadap masyarakat. 

“Ya, ini kan bentuk pengabdian kami sebagai dosen kepada masyarakat, semoga bermanfaat” ungkapnya. 

Inisiator acara Hady Soenarjo selaku dosen UPH sekaligus pendiri Kumpulan Otak Runcing (KOR) menambahkan, sebagai dosen mereka memiliki kewajiban untuk menyalurkan pengetahuan kepada masyarakat.

Selain itu pihak penyelenggara juga mendapat perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah desa Sentul Jaya sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat.(MRI/RGI)

PROPERTI
Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Jumat, 5 Juli 2019 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Di Indonesia keberadaan mobil ambulans yang melaju dengan sirine kerap kali masih disepelekan pengendara di jalan.

KAB. TANGERANG
Curhat Petani Tangerang yang Bertahan si Musim Kemarau

Curhat Petani Tangerang yang Bertahan si Musim Kemarau

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:48

TANGERANGNEWS.com - Sejumlah petani padi di Kabupaten Tangerang memilih untuk mempercepat masa tanam dan panen untuk menghindari perubahan musim kemarau.

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt