Connect With Us

Tinjau Lapak Hewan Kurban, Bupati Zaki: Semuanya Sehat

Maya Sahurina | Rabu, 7 Agustus 2019 | 21:52

| Dibaca : 391

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau salah satu lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebut kondisi hewan kurban yang dijual di lapak-lapak wilayahnya dalam keadaan sehat. Sebab tim pemeriksaan hewan untuk hari raya kurban itu telah diterjunkan.

Zaki mengatakan hal itu saat dirinya juga meninjau beberapa lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019).

"(Peninjauan ini) untuk mengetahui masalah kesehatan sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan. Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh," ujarnya.

BACA JUGA:

Setelah memeriksa beberapa lapak penjualan hewan kurban itu, Zaki menyatakan hewan yang dijual di layak disembelih dan dikonsumsi masyarakat. Menurutnya, hal itu dikuatkan oleh pemeriksaan tim kesehatan yang terdiri dokter hewan dan petugas lainnya yang telah mengambil sampel darah dan melakukan pemeriksaan gigi dan fisik.

"Alhamdulillah sudah hampir 100 persen pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori ASUH (aman sehat utuh dan halal). Jadi katagori asuh semuanya. Kalau dilihat dari fisiknya semua hewan kurban dalam keadaan sehat baik kambing maupun sapi juga domba. Dari segi usia sudah masuk semua untuk sapi diatas 2 tahun yang untuk kambing diatas 1 tahun. Secara umum semua sudah layak dan aman sesuai syariat Islam," paparnya. 

Salah satu pedagang hewan kurban Gufron mengatakan, hewan kurban yang dijualnua semua berasal dari luar daerah. Untuk sapi berasal dari Bali, Bima, dan daerah Jawa, sedangkan kambing dari Cianjur dan sekitarnya. Hewan kurban itu, kata dia, sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dan dinyatakan layak jual dan layak konsumsi.

"Di sini Ada sekitar 250 hewan kurban sapi dan kambing yang telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan, maka dari itu masyarakat jangan takut untuk membeli hewan kurban di tempat kami," pungkasnya.(MRI/RGI)

BANTEN
Jakarta Terapkan PSBB Diperketat, Banten akan Menyesuaikan 

Jakarta Terapkan PSBB Diperketat, Banten akan Menyesuaikan 

Jumat, 11 September 2020 | 19:27

TANGERANGNEWS.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan menyesuaikan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diketatkan seperti DKI Jakarta

AYO! TANGERANG CERDAS
Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Kamis, 17 September 2020 | 10:48

TANGERANGNEWS.com- Cerita di Indonesia selama ini mengenai larangan mandi di malam hari membuat kita terpengaruh. Mitos dan hoax mengenai kesehatan memang banyak beredar di masyarakat, terutama dahulu

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

KOTA TANGERANG
Tak Pakai Masker di Kota Tangerang Didenda Rp50 Ribu

Tak Pakai Masker di Kota Tangerang Didenda Rp50 Ribu

Jumat, 18 September 2020 | 20:08

TANGERANGNEWS.com–Pemerintah Kota Tangerang akan memberlakukan

"Kerja sama terjadi bukan karena tak ada konflik, tetapi sebagai sarana untuk mengelola konflik."

Qoute