Connect With Us

Tinjau Lapak Hewan Kurban, Bupati Zaki: Semuanya Sehat

Maya Sahurina | Rabu, 7 Agustus 2019 | 21:52

| Dibaca : 271

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau salah satu lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebut kondisi hewan kurban yang dijual di lapak-lapak wilayahnya dalam keadaan sehat. Sebab tim pemeriksaan hewan untuk hari raya kurban itu telah diterjunkan.

Zaki mengatakan hal itu saat dirinya juga meninjau beberapa lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019).

"(Peninjauan ini) untuk mengetahui masalah kesehatan sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan. Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh," ujarnya.

BACA JUGA:

Setelah memeriksa beberapa lapak penjualan hewan kurban itu, Zaki menyatakan hewan yang dijual di layak disembelih dan dikonsumsi masyarakat. Menurutnya, hal itu dikuatkan oleh pemeriksaan tim kesehatan yang terdiri dokter hewan dan petugas lainnya yang telah mengambil sampel darah dan melakukan pemeriksaan gigi dan fisik.

"Alhamdulillah sudah hampir 100 persen pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori ASUH (aman sehat utuh dan halal). Jadi katagori asuh semuanya. Kalau dilihat dari fisiknya semua hewan kurban dalam keadaan sehat baik kambing maupun sapi juga domba. Dari segi usia sudah masuk semua untuk sapi diatas 2 tahun yang untuk kambing diatas 1 tahun. Secara umum semua sudah layak dan aman sesuai syariat Islam," paparnya. 

Salah satu pedagang hewan kurban Gufron mengatakan, hewan kurban yang dijualnua semua berasal dari luar daerah. Untuk sapi berasal dari Bali, Bima, dan daerah Jawa, sedangkan kambing dari Cianjur dan sekitarnya. Hewan kurban itu, kata dia, sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dan dinyatakan layak jual dan layak konsumsi.

"Di sini Ada sekitar 250 hewan kurban sapi dan kambing yang telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan, maka dari itu masyarakat jangan takut untuk membeli hewan kurban di tempat kami," pungkasnya.(MRI/RGI)

KOTA TANGERANG
2019, Kekeringan Terparah Sungai Cisadane Akibat Kemarau

2019, Kekeringan Terparah Sungai Cisadane Akibat Kemarau

Senin, 19 Agustus 2019 | 17:52

TANGERANGNEWS.com—Tangerang dilanda musim kemarau pamjang. Dampaknya, Sungai Cisadane mengalami kekeringan. Namun, distribusi air bersih kepada masyarakat diklaim masih normal.

BANTEN
Cabuli Bocah di Dalam Mobil, Sopir Angkot Diamankan Polisi

Cabuli Bocah di Dalam Mobil, Sopir Angkot Diamankan Polisi

Senin, 19 Agustus 2019 | 17:24

TANGERANGNEWS.com-Polisi mengamankan seorang sopir angkot IH (39) yang tega mencabuli Bunga (bukan nama sebenarnya) di dalam angkot miliknya. Pelaku dan korban diketahui tetangga satu kampung.

KAB. TANGERANG
Satu Jamaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Meninggal di Tanah Suci

Satu Jamaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Meninggal di Tanah Suci

Senin, 19 Agustus 2019 | 15:32

TANGERANGNEWS.com-Salah satu jamaah haji asal Kabupaten Tangerang Masni binti Ahmad Hasanudin dilaporkan meninggal dunia, Minggu (17/9/19) waktu Arab Saudi.

PROPERTI
Hampir Dua Bulan, Air di Muara Cisadane Hitam & Bau

Hampir Dua Bulan, Air di Muara Cisadane Hitam & Bau

Senin, 5 Agustus 2019 | 22:06

TANGERANGNEWS.com-Air di muara Sungai Cisadane tercemar. Kondisi tersebut tampak dari menghitamnya warna air serta mengeluarkan aroma tak sedap.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt