Connect With Us

Tinjau Lapak Hewan Kurban, Bupati Zaki: Semuanya Sehat

Maya Sahurina | Rabu, 7 Agustus 2019 | 21:52

| Dibaca : 314

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau salah satu lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebut kondisi hewan kurban yang dijual di lapak-lapak wilayahnya dalam keadaan sehat. Sebab tim pemeriksaan hewan untuk hari raya kurban itu telah diterjunkan.

Zaki mengatakan hal itu saat dirinya juga meninjau beberapa lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019).

"(Peninjauan ini) untuk mengetahui masalah kesehatan sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan. Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh," ujarnya.

BACA JUGA:

Setelah memeriksa beberapa lapak penjualan hewan kurban itu, Zaki menyatakan hewan yang dijual di layak disembelih dan dikonsumsi masyarakat. Menurutnya, hal itu dikuatkan oleh pemeriksaan tim kesehatan yang terdiri dokter hewan dan petugas lainnya yang telah mengambil sampel darah dan melakukan pemeriksaan gigi dan fisik.

"Alhamdulillah sudah hampir 100 persen pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori ASUH (aman sehat utuh dan halal). Jadi katagori asuh semuanya. Kalau dilihat dari fisiknya semua hewan kurban dalam keadaan sehat baik kambing maupun sapi juga domba. Dari segi usia sudah masuk semua untuk sapi diatas 2 tahun yang untuk kambing diatas 1 tahun. Secara umum semua sudah layak dan aman sesuai syariat Islam," paparnya. 

Salah satu pedagang hewan kurban Gufron mengatakan, hewan kurban yang dijualnua semua berasal dari luar daerah. Untuk sapi berasal dari Bali, Bima, dan daerah Jawa, sedangkan kambing dari Cianjur dan sekitarnya. Hewan kurban itu, kata dia, sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dan dinyatakan layak jual dan layak konsumsi.

"Di sini Ada sekitar 250 hewan kurban sapi dan kambing yang telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan, maka dari itu masyarakat jangan takut untuk membeli hewan kurban di tempat kami," pungkasnya.(MRI/RGI)

KAB. TANGERANG
Sedang Rapat, 2 Mobil Komisioner Bawaslu Tangerang Dibobol Maling

Sedang Rapat, 2 Mobil Komisioner Bawaslu Tangerang Dibobol Maling

Rabu, 23 Oktober 2019 | 20:50

TANGERANGNEWS.com-Pencurian dengan modus pecah kaca mobil menimpa dua komisioner Bawaslu Kabupaten Tangerang, Rabu (23/10/2019).

BANDARA
Pesepeda Tewas Terlindas Bus Damri di Bandara Soetta, Sopir Diamankan

Pesepeda Tewas Terlindas Bus Damri di Bandara Soetta, Sopir Diamankan

Senin, 21 Oktober 2019 | 14:27

TANGERANGNEWS.com—Polisi mengamankan sopir bus Damri, Sudarmin, karena terlibat kecelakaan yang mengakibatkan kematian pesepeda di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

TANGSEL
9 Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan yang Melibatkan Truk di Tangsel

9 Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan yang Melibatkan Truk di Tangsel

Rabu, 23 Oktober 2019 | 22:03

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) dan Kepolisian setempat tengah gencar melakukan pengawasan terhadap

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro