Connect With Us

Wahana Pemancingan Jadi Andalan BUMDes Desa Serdang Wetan

Maya Sahurina | Senin, 28 Oktober 2019 | 22:52

| Dibaca : 758

llustrasi BUMDes. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Beragam upaya dilakukan pemerintahan desa (Pemdes) untuk menggali sumber pendapatan, salah satunya yang dilakukan Pemdes Serdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Diatas lahan seluas 4,5 hektar milik desa, kini berdiri wahana pemacingan ikan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Serdang Tirta Kencana.

"Kolam ikan ada 87 yang baru dikelola mitra Bumdes yaitu POKDAKAN (Kelompok Budidaya Ikan) sebanyak 16 orang. Disitu juga terdapat 12 kolam wisata lokal," ujar Suhamid, Penjabat (Pj) Kepala Desa Serdang Wetan, Senin (28/10/2019).

Pemancingan itu pun, lanjutnya, menjadi sektor andalan desa sebagai sumber pendapatan. Setiap hari, tak kurang dari 40 pengunjung datang ke lokasi.

BACA JUGA:

"Dulu saat dikelola, sempat diisi dengan ikan nila, tetapi kondisi air tidak cocok, sehingga diganti oleh ikan lele dan bawal," ungkapnya.

Suhamid menyebut, benih ikan yang ditanam sebanyak 45.000 benih per 3 bulan dan panen sebanyak 1 ton 20 kilogram per satu bulan. Wahana pemancingan ini merupakan salah satu program unggulan Desa Serdang Wetan.

"Lahan ini merupakan aset  pemerintah desa guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes),” imbuhnya.

Selain menjadi wahana pemancingan, lokasi tersebut juga diwacanakan akan menjadi pusat pemasaran produk hasil warga desa setempat. 

"Nanti produknya akan diberi label Bumdes, pemerintah desa bisa memberi bantuan kepada pelaku usaha dalam pemasaran," tutupnya.(MRI/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

BANTEN
Benteng Speelwijk Jadi Saksi Kejayaan Kesultanan Banten

Benteng Speelwijk Jadi Saksi Kejayaan Kesultanan Banten

Minggu, 22 November 2020 | 12:15

TANGERANGNEWS.com—Benteng Speelwijk merupakan destinasi wisata yang telah dikenal masyarakat sebagai tempat wisata yang memiliki kaitan erat dengan masa kejayaan Belanda di Indonesia

BISNIS
8 Tips Beli Mobil Bekas Saat COVID-19 Agar Keuangan Tidak Terganggu

8 Tips Beli Mobil Bekas Saat COVID-19 Agar Keuangan Tidak Terganggu

Minggu, 15 November 2020 | 20:09

TANGERANGNEWS.com-Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari tentu lebih untung karena menjadi solusi memiliki mobil dengan dana terbatas

KAB. TANGERANG
Puluhan Spanduk Habib Rizieq di Tangerang Diturunkan Petugas Gabungan

Puluhan Spanduk Habib Rizieq di Tangerang Diturunkan Petugas Gabungan

Senin, 23 November 2020 | 10:33

TANGERANGNEWS.com-Puluhan spanduk dan baliho bergambar pendiri Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab yang terpasang di beberapa titik di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang diturunkan aparat keamanan gabungan

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil