Connect With Us

Begini Cara Camat Karawaci Berantas Bank Keliling

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 25 Juni 2019 | 14:19

| Dibaca : 28657

Camat Karawaci Kota Tangerang Suli Rosadi. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com-Camat Karawaci Kota Tangerang Suli Rosadi tengah gencar memberantas rentenir  atau biasa disebut bank keliling du wilayahnya. Menurut dia, koperasi menjadi solusi bagi warga Karawaci untuk tidak memanfaatkan jasa rentenir.

"Jangan sampai di Karawaci ada bank gelap. Untuk itu, dalam rangka memberantas rentenir, kami terjunkan tim koperasi," ujarnya kepada TangerangNews di Kampung Markisa, Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (25/6/2019).

Suli mengatakan, rentenir masih beroperasi di Kecamatan Karawaci. Keberadaannya pun sangat mempersulit warga. Pasalnya, bunga yang diberikan kepada peminjam uang sangat mencekik.

Baca Juga :

Suli melanjutkan, pemberantasan rentenir dilakukan dengan cara menggerilyakan tim koperasi. Tim koperasi ini, kata dia, terjun langsung kepada warga yang telah meminjam uang kepada rentenir.

Kemudian, tim koperasi pun akan mengganti uang yang dipinjam warga kepada rentenir. Setelah itu, warga ditawarkan aktif dalam koperasi di Kecamatan Karawaci.

"Jadi uang warga yang minjam ke rentenir dibayarin koperasi. Kalau rentenir itu meminta bunga, kami laporkan ke polisi," jelas Suli.

"Itu kita harus lakukan dan pada akhirnya warga konsekuensinya kita paksa masuk koperasi," tambahnya.

Sumber dana yang digunakan untuk mengganti uang warga yang meminjam kepada rentenir pun berasal dari anggota koperasi.

"Ya sumber dananya koperasi itu dari anggota," katanya.

Penerapan dalam rangka memberantas renterin itu sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Suli menambahkan, warga yang aktif di koperasi tidak dikenakan bunga. Ia malahan menabung.

"Kalau koperasi bukan bunga tapi nabung," imbuhnya.(RAZ/HRU)

NASIONAL
Kominfo: Berjemur Bisa Mematikan Virus Corona Hoaks

Kominfo: Berjemur Bisa Mematikan Virus Corona Hoaks

Sabtu, 28 Maret 2020 | 08:48

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia merilis bahwa informasi yang beredar di media sosial

AYO! TANGERANG CERDAS
Siswa Kota Tangerang Belajar di Rumah Sampai 29 Mei, Ini Sistem Kelulusannya

Siswa Kota Tangerang Belajar di Rumah Sampai 29 Mei, Ini Sistem Kelulusannya

Kamis, 26 Maret 2020 | 16:33

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang memperpanjang kebijakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tanpa tatap muka di sekolah (belajar di rumah) bagi siswa PAUD, TK, SD dan SMP negeri maupun swasta

TOKOH
Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bisnis kecil yang memiliki sumber daya terbatas, akan menjadi lebih sulit

KOTA TANGERANG
Hati-hati! Gangster Berkeliaran di Tangerang 

Hati-hati! Gangster Berkeliaran di Tangerang 

Minggu, 29 Maret 2020 | 22:13

TANGERANGNEWS.com–Masyarakat di Tangerang mesti berhati-hati. Di tengah pandemi Covid-19 ini, segerombol orang yang kerap disebut gangster berkeliaran

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile