Connect With Us

Kesbangpol Dorong Pelajar Kota Tangerang Cinta Tanah Air Lewat Cerdas Cermat

Advertorial | Kamis, 12 September 2019 | 14:34

| Dibaca : 293

Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Konsensus Dasar Kebangsaan tingkat SMA 2019. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com—Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang telah menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Konsensus Dasar Kebangsaan tingkat SMA 2019.

Melalui LCC ini, Kesbangpol ingin para pelajar di Kota Tangerang dapat meningkatkan rasa cintanya terhadap tanah air.

Perlombaan yang digelar selama 11-12 Desember 2019 dengan tema "Mari Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air di Kalangan Pelajar" ini berlangsung di dua tempat.

Hari pertama perlombaan yang dibuka Kepala Kesbangpol Kota Tangerang Deni Koswara bertempat di Aula Gedung Nyimas Melati, Kota Tangerang.

Sementara hari kedua yang ditutup Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin berlangsung di panggung Festival Al-Azhom ke-VIII, Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang.

BACA JUGA:

Perlombaan ini diikuti 26 SMA/SMK negeri maupun swasta se-Kota Tangerang. Juri-juri yang menilai penampilan peserta lomba berasal dari Korem 05/WKR, UPTD Pendidikan Provinsi Banten, dan Kesbangpol Provinsi Banten.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan perlombaan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Tangerang, untuk membina para pelajar sebagai generasi penerus bangsa agar dapat meningkatkan wawasan kebangsaan.

"Ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan dan menambah wawasan pengetahuan generasi muda, agar mereka memahami betul dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya dalam penutupan, Kamis (12/9/2019).

Kompetisi perlombaan diterapkan dalam sistem gugur. Teknisnya, empat tim diadu untuk meraih nilai tertinggi dengan menjawab soal-soal materi seputar kebangsaan.

Peserta yang berhasil meraih tiket final diantaranya SMAN 1 Tangerang, SMAN 2 Tangerang, SMAN 11 Tangerang, dan SMA Setia Bhakti. Mereka kemudian diadu kecerdasannya.

Hingga akhirnya, SMAN 2 Tangerang berhasil meraih Juara I dengan perolehan nilai 210. Sedangkan Juara II diraih SMAN 11 Tangerang dengan perolehan nilai 150. Dan SMK Setia Bhakti keluar menjadi Juara III dengan nilai 120.

Secara simbolis, Sachrudin dan Deni Koswara memberikan piala dan sertifikat penghargaan kepada para peserta yang berhasil memenangkan perlombaan.

Menurut Deni Koswara, peserta yang menjadi juara akan diikutsertakan dalam perlombaan serupa di tingkat Provinsi Banten, dengan harapan meraih tiket perlombaan serupa di tingkat Nasional.

"Lomba cerdas cermat ini sudah 2 tahun berturut-turut kita laksanakan sebagai persiapan lomba pada jenjang berikutnya," katanya.

Deni Koswara menuturkan, para pelajar rentan terpengaruh paham-paham yang dapat menyimpang dari ideologi negara, Pancasila.

Sehingga pemahaman cinta terhadap tanah air harus diperkuat di kalangan para pelajar.

"Kami berharap anak-anak SMA lebih cinta tanah air bahwa cinta tanah air itu bukan hanya dengan angkat senjata, tapi mereka juga lebih cinta terhadap Kota Tangerang," ucapnya.

Ia juga menginginkan bahwa para pelajar di Kota Tangerang dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, seperti berperilaku baik hingga menghormati guru dan orangtua.

"Penerapan dalam sehari-hari mereka terus belajar dengan baik, menghormati guru, bekerjasama dengan teman-teman untuk menciptakan lingkungan bersih karena itu adalah merupakan bagian yang kita inginkan," pungkasnya.(ADV)

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

TEKNO
Bersama Microsoft, Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City di Indonesia

Bersama Microsoft, Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City di Indonesia

Sabtu, 14 September 2019 | 17:36

TANGERANGNEWS.com- Sinar Mas Land akan mentransformasi BSD City menjadi _integrated smart City_dengan skala besar yang mudah diakses

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

BISNIS
Investasi Properti Cuma Modal Rp86 Ribu, Bisa!

Investasi Properti Cuma Modal Rp86 Ribu, Bisa!

Sabtu, 14 September 2019 | 17:25

TANGERANGNEWS.com-Bukan hanya sebagai kebutuhan primer, properti kini mulai menjadi alternatif investasi yang menjanjikan. Bahkan, hanya Rp86

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy