TangerangNews.com

Dosen D-III Sekretari UNPAM Gelar Training Komunikasi di RS Permata Pamulang

Yudi Adiyatna | Kamis, 19 September 2019 | 21:59 | Dibaca : 899


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang digelar oleh Dosen Prodi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, kepada staf Rumah Sakit Permata Pamulang, Kamis (19/09/2019). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)


TANGERANGNEWS.com-Dosen Prodi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan kali ini ditujukan kepada staf Rumah Sakit Permata Pamulang, Jalan  Raya Siliwangi No. 1A Pondok Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Kamis (19/09/2019). 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini mengambil tema Etika Komunikasi dalam Menangani Keluhan Pasien pada Staf Rumah Sakit Permata Pamulang ini dihadiri langsung oleh Kaprodi Prodi Sekretari Sugiyarto dan narasumber Ratna Suminar serta Nani Nuraini Sarah.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para staf RS tersebut mempunyai bekal keahlian berkomunikasi yang baik dan memahami etika berkomunikasi dalam menangani komplain pasien di rumah sakit Permata Pamulang.

BACA JUGA:

Dalam sambutannya, Sugiyarto selaku Kaprodi D-III Sekretari mengucapkan rasa terima kasih atas sambutan karena bisa bersilaturahmi dan mengadakan PKM di rumah sakit Pertama Pamulang. 

“Kami sangat bersyukur, bisa silaturahami dan mengadakan PKM bersama staf rumah sakit Permata Pamulang. Harapan kami, seluruh staf yang mengikuti kegiatan ini memperoleh pemahaman etika komunikasi dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik,” ujarnya. 

Sugi menambahkan, kegiatan ini harus berkesinambungan, sehingga terus dilakukan kegiatan serupa secara berkala di RS tersebut.

“Pelatihan ini akan terus dilaksanakan secara berkala kepada staf RS Permata Pamulang. Kami juga akan memberikan kuesioner terkait materi untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta,” tambahnya.

Sementara, Ratna Suminar.M.M. selaku dosen prodi D-III sekretari mengatakan, sebuah perusahaan  yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan kesehatan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki basic communication skill.

 “Kemampuan komunikasi yang baik akan membawa dampak kepada kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Jika pelayanan yang didapatkan seorang pasien sangat baik, maka pasien akan merasa puas dan berbagi kepada orang yang dia kenal,” jelas Ratna

Ratna  melanjutkan, untuk membangun kesadaran karyawan diperlukan pelatihan dalam memahami etika komunikasi.

#GOOGLE_ADS#

 “Untuk menyelesaikan keluhan pasien atau pelanggan, dengan cara menyapa mereka dengan senyuman, mendengar jika pasien berbicara, mencatat keluhannya, dan di laporkan kepada atasan memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan dengan bahasa yang mudah di mengerti,” ungkap Ratna.

Dokter Herly Triana selaku direktur  Rumah  Sakit Permata  Pamulang menyampaikan, pelatihan  secara  berkesinambungan dan secara  regular ini sangat membantu manajemen  rumah sakit dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan para pegawainya. 

"Pelatihan semacam ini penting guna meningkatkan kemampuan karyawan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pada masing–masing unit kerja,” pungkasnya.(MRI/RGI)