Connect With Us

Tampilkan Lenong, Perayaan Agustusan di Lengkong Gudang Meriah

Yudi Adiyatna | Minggu, 20 Agustus 2017 | 14:00

| Dibaca : 2093

Meriahkan HUT RI 72, Pemuda RW 01 Lengkong Gudang, Serpong Selenggarakan Festival Lenong. (@TangerangNews2017 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Di banyak daerah, perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap  17 Agustus jamak dirayakan dengan beragam lomba. Perlombaan 17 Agustusan tersebut diantaranya seperti panjat pinang, makan kerupuk, dan balap karung.

Bukan sekadar lomba, tapi panitia penyelenggara biasanya juga menyiapkan hadiah untuk para pemenangnya. Lelaki, perempuan, dan anak-anak ikut berpartisipasi. BACA JUGA : Ratusan Atlet Tenis Meja Bertanding di Turnamen Danrem 052/Wijayakrama

Tak mau ketinggalan, sekelompok Pemuda dari RW 01, Kelurahan Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong, Tangsel menggelar pementasan Lenong bertajuk "Harta Membawa Bencana".

Lakon yang dibawakan kelompok Lenong Tunas Mekar ini bercerita tentang seorang kakak beradik  yang memperebutkan harta gusuran tanah orangtuanya. Yang kemudian akhirnya berhasil dikuasai seluruhnya oleh sang Adik. Sang Adik yang rupanya durhaka tersebut bahkan menyiksa orang tuanya yang sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Firman Govink, Ketua Pemuda RW 01 kepada TangerangNews.com, Sabtu (19/8/2017) mengatakan, kegiatan pementasan Lenong selalu rutin diadakan setiap tahun di kampungnya. Dirinya pun  mengatakan walaupun kawasan tempat tinggal mereka dikelilingi tembok dan perumahan elite BSD City, mereka ingin tetap mempertahankan ciri khas tradisi Lenong dari Lengkong Gudang tersebut.

"Meriahkan Agustusan kita tiap tahun beda-beda temanya, kita selalu adakan Lenong bentuknya drama komedi sebetulnya, dan identik sama remaja semua," ungkap Irman. BACA JUGA : Karnaval Budaya & Sepeda Hias Ramaikan HUT RI di Ciledug Indah

Pantauan TangerangNews.com, pagelaran lenong yang diselenggarakan di sebuah lapangan di RW 01 Lengkong Gudang tersebut disambut meriah dan dihadiri ratusan warga. "Alhamdulillah  tahun ini lebih positif dan warga di RT 4,5 dan 7 di RW 01 lebih antusias berpartisipasi di Agustusan ini," ungkap Mulyadi Lemed, Ketua RW 01.

Sementara itu, dikelurahan yang sama di RW 09 diadakan berbagai perlombaan hingga santunan anak yatim yang dikordinir Radio Pribumi 107,8 FM guna memperingati hari kemerdekaan RI ke 72 tersebut.(RAZ)

NASIONAL
Ekonom UI: RUU Ciptaker Instrumen Penarik Investasi Berorientasi Ekspor

Ekonom UI: RUU Ciptaker Instrumen Penarik Investasi Berorientasi Ekspor

Selasa, 22 September 2020 | 19:54

TANGERANGNEWS.com-Ekonom Universitas Indonesia Berly Martawardaya menilai ekspor manufaktur Indonesia termasuk terendah di Asia. Karena itu diperlukan kebijakan yang bisa menarik investasi yang berorientasi ekspo

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

OPINI
HMB Jakarta Apresiasi Penyatuan Wilayah Hukum Polda Banten

HMB Jakarta Apresiasi Penyatuan Wilayah Hukum Polda Banten

Selasa, 8 September 2020 | 10:46

Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta dukung upaya penyatuan wilayah

"Kerja sama terjadi bukan karena tak ada konflik, tetapi sebagai sarana untuk mengelola konflik."

Qoute