Connect With Us

Dipuji Menkominfo, Dinkes Tangsel Siap Salurkan Vaksin COVID-19

Advertorial | Selasa, 12 Januari 2021 | 19:17

| Dibaca : 270

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate meninjau Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Tangsel, Selasa (12/1/2021). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Kesehatan telah memastikan seluruh kesiapan terkait penyaluran vaksinasi COVID-19 yang akan mulai dilaksanakan, Jumat (15/1/2021) mendatang. 

Kesiapan tersebut juga telah teruji saat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate meninjau Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Tangsel, Selasa (12/1/2021). 

Sesampainya di Puskesmas Jurang Mangu sekitar pukul 14.25 WIB, Menteri Johnny yang disambut oleh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany itu langsung mengecek seluruh kesiapan Puskesmas Jurang Mangu, menjelang pelaksanaan vaksinasi COVID-19. 

"Hari ini secara khusus, saya berkunjung ke Puskesmas Jurang Mangu dalam rangka persiapan akhir, sebelum dilakukannya proses vaksinasi COVID-19 di Indonesia," ujar Johnny usai memeriksa seluruh kesiapan Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Tangsel, Selasa (12/1/2021).

Dalam tinjauannya itu, dirinya pun menilai bahwa fasilitas kesehatan milik Kota Tangsel ini sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat. 

Penilaian tersebut dinyatakan atas kesiapan seluruh aspek, mulai dari prosedur, sarana pra sarana, alur vaksinasi, ataupun tenaga vaksinator.

	Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate meninjau Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren, Tangsel, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga :

"Bahwa dari tujuh prosedur vaksinasi, tiganya persiapan dan empat desk atau fungsi pelaksanaan di Puskesmas semuanya tersedia, dan dilakukan dengan baik," terangnya. 

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, dalam penyaluran vaksin tersebut Pemkot Tangsel telah menyediakan sebanyak 67 lokasi fasilitas kesehatan. 

"Terdiri dari sebanyak 29 Puskesmas yang kita punya, rumah sakit sebanyak 24, termasuk Rumah Sakit Umum Tangsel, dan 14 klinik swasta. Jadi totalnya terdapat 67 fasilitas pelayanan kesehatan," tutur Airin. 

Untuk tahap pertama, vaksinasi COVID-19 akan lebih dulu disalurkan kepada para tenaga medis, yang menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19 di Tangsel ini. 

Namun untuk penyaluran pertama ini, Pemkot Tangsel baru mampu menyalurkan vaksin kepada sebanyak 8.901 tenaga medis. 

"Terimakasih Ibu Dinkes Provinsi Banten, yang sudah memberikan 8.901 vaksin. jadi masih ada kurang dan nanti akan ditambahkan, tentu 14 hari kemudian untuk penyuntikan pada tahap selanjutnya," ucap Airin. 

Setelah tenaga medis, Airin memastikan bahwa vaksin ini selanjutnya juga akan disalurkan kepada masyarakat.

"Setelah tahapan petugas medis, dan beberapa lainnya, tentu nanti akan diberikan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendarlin Mahdaniar menjelaskan bahwa nantinya setiap penerima vaksin dapat memilih lokasi vaksinasi. 

"Tenaga Kesehatan harus memilih lokasi vaksinasi, misalnya mau ke Puskesmas Jurang Mangu, atau bisa daftar di puskesmas lain. Penerima sudah didata secra by name by address (berdasarkan nama dan alamat). Kalau 14 hari enggak datang, itu akan dijemput oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas," terang Alin.

Sedangkan untuk biayanya, Allin memastikan bahwa pelaksanaan vaksinasi tidak dipungut biaya apapun. 

"Kalau ada klinik yang nakal memungut biaya dari proses vaksinasi bisa dilaporkan. Bagi fasilitad kesehatan yang melakukan pelayanan vaksin, kita monitor pantau terus," pungkasnya.(ADV)

BISNIS
Telur Gulung Inez Jajanan Favorit di Kawasan Pasar Lama Tangerang

Telur Gulung Inez Jajanan Favorit di Kawasan Pasar Lama Tangerang

Kamis, 21 Januari 2021 | 21:59

TANGERANGNEWS.com-Siapa yang tidak suka dengan jajanan yang satu ini,

TOKOH
Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Kamis, 14 Januari 2021 | 11:40

TANGERANGNEWS.com-Kabar duka datang dari pendakwah Syekh Ali Jaber. Ulama

BANDARA
Pekerja Bandara Soekarno Hatta Jual 200 Surat Keterangan Bebas COVID-19 Palsu

Pekerja Bandara Soekarno Hatta Jual 200 Surat Keterangan Bebas COVID-19 Palsu

Senin, 18 Januari 2021 | 13:53

TANGERANGNEWS.com—Jajaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta membongkar kasus pemalsuan surat keterangan bebas COVID-19

KOTA TANGERANG
Pengunjung Kedai Kopi Ciledug & Larangan Tangerang Dibubarkan

Pengunjung Kedai Kopi Ciledug & Larangan Tangerang Dibubarkan

Sabtu, 23 Januari 2021 | 11:26

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah pengunjung kedai kopi di kawasan Ciledug & Larangan

"Jika masa lalu tidak berjalan sesuai yang Anda inginkan, bukan berarti masa depan bisa menjadi lebih baik dari yang selalu Anda bayangkan"

@TangerangNews