Connect With Us

Patut Dicontoh : Brikpa Wahyudin Polisi Penggerak Literasi di Tangerang

Mohamad Romli | Sabtu, 23 September 2017 | 17:00

Bripka Wahyudin Babinkamtibmas Polsek Cisoka saat bertugas dengan motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Sosok Bripka Wahyudin saat ini tengah menyita perhatian masyarakat setidaknya di tiga desa di Kabupaten Tangerang. Pasalnya Babinkamtibmas Polsek Cisoka yang bertugas di desa Cisoka, Cikande dan Pasir Gintung merombak motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling.

Kepada TangerangNews.com, anggota Polri yang sudah bertugas di Polsek Cisoka sejak 2005 tersebut menuturkan munculnya ide membuat perpustakaan keliling. Dia mengaku diperintah dari Kapolresta Tangerang, AKBP Sabilul Alif agar semua Babinkamtibmas memiliki inovasi masing-masing untuk semakin dekat dengan warga dilingkungan tugasnya.

"Saya melihat ada tumpukan buku tak terpakai di Desa Cikande, saat itu hati saya tergerak agar buku-buku tersebut bisa dibaca oleh warga," ungkapnya, Sabtu (23/9/2017). BACA JUGA : 6 Tokoh Sukses Dunia yang Telah Lalui Banyak Kegagalan

polisi

Bripka Wahyudin Babinkamtibmas Polsek Cisoka saat bertugas dengan motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling.

Kedekatan Wahyudin dengan dunia literasi bukan hal yang baru, karena selain ia sendiri suka membaca, juga dianugeraho seorang istri yang berlatar belakang kelimuan sebagai sarjana pendidikan. BACA JUGA : Pemandu Lagu di Karaoke CC BSD Tewas setelah diboking Anggota Polri

"Selain itu, saya melihat ada hal yang penting untuk saat ini mendekatkan anak-anak dengan buku, karena diusia emas mereka, lebih cenderung dekat dengan gadget," imbuhnya.

Bermodalkan tekad tersebut, satu gerobak buku pun ia buat, sehingga kemana pun ia berkunjung saat beranjang sana dengan warga, gerobak berisi buku-buku bacaan untuk anak-anak dan juga dewasa tersebut selalu menyertainya. Motor dinasnya tersebut kini lebih berfungsi sebagai perpustakaan keliling.

"Saya ingin mulai terbangun budaya membaca di masyarakat, karena kita turut prihatin minat baca masyarakat kita rendah, mereka lebih suka menonton televisi atau dekat dengan gadget," tambah pria yang bercita-cita putranya menjadi tahfiz Al Qur'an tersebut.

polisi

Bripka Wahyudin Babinkamtibmas Polsek Cisoka saat bertugas dengan motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling.

Warga pun menurutnya cukup antusias dengan inovasi yang dilakukannya, selain itu, ia merasa semakin lebih dekat dengan mereka, karena dengan perpustakaan keliling ini menjadi media yang memudahkan terjadinya interaksi antara dirinya dengan warga. BACA JUGA : SOSOK : IPDA Edy Arianto, Kapospol Tanpa Cacat

"Alhamdulilah, masyarakat cukup antusias, saya juga merasa sangat senang karena bisa lebih dekat lagi dengan mereka," tukasnya.

Kapolresta Tangerang, AKBP Sabilul Alif saat ini memang sedang menggalakan program Tangerang Jadikan Wilayah Aman, Nyaman, Ramah dan Kreatif (Tangerang Jawara). Salah satu dari program tersebut adalah program Polisi Cinta Siswa, Pemuda, dan Edukasi (Pos Cisadane).

Inovasinya pun diapresiasi oleh Kapolresta Tangerang, AKBP Sabilul Alif. Perwira yang juga gemar membaca dan menulis tersebut mengintruksikan jajarannya yang lain untuk meneladani inovasi Bripka Wahyudin yang turut berperan membuka cakrawala pengetahuan warga dengan gerakan membaca.

"Bangga dan hormat saya sebagai pimpinan kepada dia (Bripka Wahyudin). Kelak anak-anak ini sukses maka tidak akan pernah lupa jasa bhabinkamtibmas ini. Insha Allah saya akan berikan apresiasi kepada beliau," ujar Kapolres.(DBI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill