Connect With Us

Tinjau Lapak Hewan Kurban, Bupati Zaki: Semuanya Sehat

Maya Sahurina | Rabu, 7 Agustus 2019 | 21:52

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau salah satu lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebut kondisi hewan kurban yang dijual di lapak-lapak wilayahnya dalam keadaan sehat. Sebab tim pemeriksaan hewan untuk hari raya kurban itu telah diterjunkan.

Zaki mengatakan hal itu saat dirinya juga meninjau beberapa lapak penjualan hewan kurban di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/8/2019).

"(Peninjauan ini) untuk mengetahui masalah kesehatan sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan. Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh," ujarnya.

BACA JUGA:

Setelah memeriksa beberapa lapak penjualan hewan kurban itu, Zaki menyatakan hewan yang dijual di layak disembelih dan dikonsumsi masyarakat. Menurutnya, hal itu dikuatkan oleh pemeriksaan tim kesehatan yang terdiri dokter hewan dan petugas lainnya yang telah mengambil sampel darah dan melakukan pemeriksaan gigi dan fisik.

"Alhamdulillah sudah hampir 100 persen pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori ASUH (aman sehat utuh dan halal). Jadi katagori asuh semuanya. Kalau dilihat dari fisiknya semua hewan kurban dalam keadaan sehat baik kambing maupun sapi juga domba. Dari segi usia sudah masuk semua untuk sapi diatas 2 tahun yang untuk kambing diatas 1 tahun. Secara umum semua sudah layak dan aman sesuai syariat Islam," paparnya. 

Salah satu pedagang hewan kurban Gufron mengatakan, hewan kurban yang dijualnua semua berasal dari luar daerah. Untuk sapi berasal dari Bali, Bima, dan daerah Jawa, sedangkan kambing dari Cianjur dan sekitarnya. Hewan kurban itu, kata dia, sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dan dinyatakan layak jual dan layak konsumsi.

"Di sini Ada sekitar 250 hewan kurban sapi dan kambing yang telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan, maka dari itu masyarakat jangan takut untuk membeli hewan kurban di tempat kami," pungkasnya.(MRI/RGI)

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

TANGSEL
Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Jumat, 19 April 2024 | 14:18

Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill