Connect With Us

Wahana Pemancingan Jadi Andalan BUMDes Desa Serdang Wetan

Maya Sahurina | Senin, 28 Oktober 2019 | 22:52

| Dibaca : 792

llustrasi BUMDes. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Beragam upaya dilakukan pemerintahan desa (Pemdes) untuk menggali sumber pendapatan, salah satunya yang dilakukan Pemdes Serdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Diatas lahan seluas 4,5 hektar milik desa, kini berdiri wahana pemacingan ikan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Serdang Tirta Kencana.

"Kolam ikan ada 87 yang baru dikelola mitra Bumdes yaitu POKDAKAN (Kelompok Budidaya Ikan) sebanyak 16 orang. Disitu juga terdapat 12 kolam wisata lokal," ujar Suhamid, Penjabat (Pj) Kepala Desa Serdang Wetan, Senin (28/10/2019).

Pemancingan itu pun, lanjutnya, menjadi sektor andalan desa sebagai sumber pendapatan. Setiap hari, tak kurang dari 40 pengunjung datang ke lokasi.

BACA JUGA:

"Dulu saat dikelola, sempat diisi dengan ikan nila, tetapi kondisi air tidak cocok, sehingga diganti oleh ikan lele dan bawal," ungkapnya.

Suhamid menyebut, benih ikan yang ditanam sebanyak 45.000 benih per 3 bulan dan panen sebanyak 1 ton 20 kilogram per satu bulan. Wahana pemancingan ini merupakan salah satu program unggulan Desa Serdang Wetan.

"Lahan ini merupakan aset  pemerintah desa guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes),” imbuhnya.

Selain menjadi wahana pemancingan, lokasi tersebut juga diwacanakan akan menjadi pusat pemasaran produk hasil warga desa setempat. 

"Nanti produknya akan diberi label Bumdes, pemerintah desa bisa memberi bantuan kepada pelaku usaha dalam pemasaran," tutupnya.(MRI/RGI)

KAB. TANGERANG
Seluruh Stadion Mini di Kabupaten Tangerang Disegel Bupati

Seluruh Stadion Mini di Kabupaten Tangerang Disegel Bupati

Selasa, 22 Juni 2021 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 di Kabupaten Tangerang saat ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang tengah melakukan upaya pencegahan dengan menutup seluruh Stadion Mini

BANTEN
Manfaatkan Teknologi, Ini Cara Infaq di PW Muhammadiyah Banten

Manfaatkan Teknologi, Ini Cara Infaq di PW Muhammadiyah Banten

Minggu, 6 Juni 2021 | 16:32

TANGERANGNEWS.com-Ternyata Muhammadiyah khususnya Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Banten sangat memanfaatkan teknologi bagi kegiatan dakwahnya

WISATA
Menikmati Rasa Roti Gambang Seperti Bernostalgia di Tangerang 

Menikmati Rasa Roti Gambang Seperti Bernostalgia di Tangerang 

Sabtu, 19 Juni 2021 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Roti Gambang yang merupakan makanan khas Betawi ini, ternyata popular di Tangerang

OPINI
Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:16

TANGERANGNEWS.com-Hingga kini sampah plastik masih menjadi permasalahan di negeri kita Indonesia. Data Asosiasi Industri Plastik Indonesai (INAPLAS) dan Badan pusat statistik (BPS)

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab