TangerangNews.com

Begini Cara Camat Karawaci Berantas Bank Keliling

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 25 Juni 2019 | 14:19 | Dibaca : 29667


Camat Karawaci Kota Tangerang Suli Rosadi. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


 

TANGERANGNEWS.com-Camat Karawaci Kota Tangerang Suli Rosadi tengah gencar memberantas rentenir  atau biasa disebut bank keliling du wilayahnya. Menurut dia, koperasi menjadi solusi bagi warga Karawaci untuk tidak memanfaatkan jasa rentenir.

"Jangan sampai di Karawaci ada bank gelap. Untuk itu, dalam rangka memberantas rentenir, kami terjunkan tim koperasi," ujarnya kepada TangerangNews di Kampung Markisa, Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (25/6/2019).

Suli mengatakan, rentenir masih beroperasi di Kecamatan Karawaci. Keberadaannya pun sangat mempersulit warga. Pasalnya, bunga yang diberikan kepada peminjam uang sangat mencekik.

Baca Juga :

Suli melanjutkan, pemberantasan rentenir dilakukan dengan cara menggerilyakan tim koperasi. Tim koperasi ini, kata dia, terjun langsung kepada warga yang telah meminjam uang kepada rentenir.

#GOOGLE_ADS#

Kemudian, tim koperasi pun akan mengganti uang yang dipinjam warga kepada rentenir. Setelah itu, warga ditawarkan aktif dalam koperasi di Kecamatan Karawaci.

"Jadi uang warga yang minjam ke rentenir dibayarin koperasi. Kalau rentenir itu meminta bunga, kami laporkan ke polisi," jelas Suli.

"Itu kita harus lakukan dan pada akhirnya warga konsekuensinya kita paksa masuk koperasi," tambahnya.

Sumber dana yang digunakan untuk mengganti uang warga yang meminjam kepada rentenir pun berasal dari anggota koperasi.

"Ya sumber dananya koperasi itu dari anggota," katanya.

Penerapan dalam rangka memberantas renterin itu sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Suli menambahkan, warga yang aktif di koperasi tidak dikenakan bunga. Ia malahan menabung.

"Kalau koperasi bukan bunga tapi nabung," imbuhnya.(RAZ/HRU)