Connect With Us

Cegah Hepatitis A, IDI Tangsel Imbau Warga Jaga Pola Makan & Istirahat Anak

Rachman Deniansyah | Rabu, 11 Desember 2019 | 20:59

| Dibaca : 361

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangsel Imbar Umar Gazali. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wabah penyakit Hepatitis A kian meluas. Terakhir, penyakit ini telah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kota Depok, kota yang berdekatan Tangerang Selatan (Tangsel).

Sampai saat ini, belum ditemukan kasus adanya penularan penyakit Hepatitis A di Tangsel. Kendati demikian, antisipasi penularan Hepatitis A perlu dilakukan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangsel Imbar Umar Gazali mengatakan, masyarakat bisa mengantisipasinya dengan menjaga pola istirahat dan makan anak. 

“Hepatitis A ini menular bukan karena angin, tapi pola istirahat yang tidak cukup dan dari makanan,” ucap Imbar Umar Gazali saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).

Imbar menuturkan, virus Hepatitis A ini biasanya menyerang anak pada masa pertumbuhan.

BACA JUGA:

“Mulai usia 9 sampai 15 tahun, karena aktivitas anak yang tinggi diiringi kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak baik, maka virus akan mudah menyerang,” tuturnya.  

Imbar yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel mengatakan, untuk mengantisipasi dan menekan penyakit hepatitis A, Dinkes Tangsel perlu membuat modul dan dibagikan ke setiap sekolah, selanjutnya bisa dijelaskan oleh para guru. 

“Guru- guru mengingatkan ke siswa agar jangan kelelahan dan menjaga kesehatan serta menjaga asupan makanan biar tubuh sehat dan kuat dan waktu tidur yang cukup,” ujarnya.

Dikatakan Imbar, para anak juga harus diberi asupan yang bergizi, seperti makan sayur dan buah, atau 4 sehat 5 sempurna. Hal itu bisa menjaga stamina anak. 

“Karena anak- anak ini apabila mereka kurang tidur, lalu mereka bangun pagi untuk ke sekolah, kemudian di sekolah aktivitas mereka tinggi dan makan tidak teratur dan kurang, maka anak akan mudah terserang virus,” pungkasnya. (MRI/RGI)

KOTA TANGERANG
Cegah Korupsi, Wali Kota Tangerang Ikut Penandatanganan Pakta Integritas dengan Kejati Banten

Cegah Korupsi, Wali Kota Tangerang Ikut Penandatanganan Pakta Integritas dengan Kejati Banten

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:39

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah ikut Penandatanganan Pakta Integritas bersama seluruh Kepala Daerah di Provinsi Banten dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) setempat.

WISATA
 Episode Hotel Gading Serpong Tangerang Angkat Potensi Budaya Baduy dan Peranakan Cina Benteng

Episode Hotel Gading Serpong Tangerang Angkat Potensi Budaya Baduy dan Peranakan Cina Benteng

Minggu, 5 Juni 2022 | 21:45

TANGERANGNEWS.com-Episode Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, resmi beroperasi sepenuhnya dengan mengangkat kebudayaan asli Baduy dan Peranakan Cina Tangerang atau disebut Cina Benteng.

KAB. TANGERANG
Viral Pemotor Wanita Dijambret Hingga Jatuh di Mauk Tangerang

Viral Pemotor Wanita Dijambret Hingga Jatuh di Mauk Tangerang

Jumat, 24 Juni 2022 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Aksi penjambretan terhadap pengendara motor wanita terjadi di Jalan Raya Mauk, Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis 23 Juni 2022. Aksi tersebut bahkan menyebabkan korban jatuh dari sepeda motornya.

BANDARA
Ronaldinho Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dijemput Raffi Ahmad

Ronaldinho Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dijemput Raffi Ahmad

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:44

TANGERANGNEWS.com-Pesepakbola dunia, Ronaldinho tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, dijumput langsung oleh artis Raffi Ahmad, Jumat 24 Juni 2022

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill