Connect With Us

Cegah Hepatitis A, IDI Tangsel Imbau Warga Jaga Pola Makan & Istirahat Anak

Rachman Deniansyah | Rabu, 11 Desember 2019 | 20:59

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangsel Imbar Umar Gazali. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wabah penyakit Hepatitis A kian meluas. Terakhir, penyakit ini telah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kota Depok, kota yang berdekatan Tangerang Selatan (Tangsel).

Sampai saat ini, belum ditemukan kasus adanya penularan penyakit Hepatitis A di Tangsel. Kendati demikian, antisipasi penularan Hepatitis A perlu dilakukan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangsel Imbar Umar Gazali mengatakan, masyarakat bisa mengantisipasinya dengan menjaga pola istirahat dan makan anak. 

“Hepatitis A ini menular bukan karena angin, tapi pola istirahat yang tidak cukup dan dari makanan,” ucap Imbar Umar Gazali saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).

Imbar menuturkan, virus Hepatitis A ini biasanya menyerang anak pada masa pertumbuhan.

BACA JUGA:

“Mulai usia 9 sampai 15 tahun, karena aktivitas anak yang tinggi diiringi kurangnya istirahat dan pola makan yang tidak baik, maka virus akan mudah menyerang,” tuturnya.  

Imbar yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel mengatakan, untuk mengantisipasi dan menekan penyakit hepatitis A, Dinkes Tangsel perlu membuat modul dan dibagikan ke setiap sekolah, selanjutnya bisa dijelaskan oleh para guru. 

“Guru- guru mengingatkan ke siswa agar jangan kelelahan dan menjaga kesehatan serta menjaga asupan makanan biar tubuh sehat dan kuat dan waktu tidur yang cukup,” ujarnya.

Dikatakan Imbar, para anak juga harus diberi asupan yang bergizi, seperti makan sayur dan buah, atau 4 sehat 5 sempurna. Hal itu bisa menjaga stamina anak. 

“Karena anak- anak ini apabila mereka kurang tidur, lalu mereka bangun pagi untuk ke sekolah, kemudian di sekolah aktivitas mereka tinggi dan makan tidak teratur dan kurang, maka anak akan mudah terserang virus,” pungkasnya. (MRI/RGI)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill