Connect With Us

Airin Dorong Kader PKK Tangsel Promosikan Tumpeng Gizi

Yudi Adiyatna | Kamis, 18 Januari 2018 | 19:00

Perwakilan Ibu-ibu PKK Tangsel saat menghadiri kegiatan (sebut nama kegiatannya) di Puspemkot Tangsel (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Ratusan kader yang tergabung dalam perwakilan kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kota Tangerang Selatan diberikan edukasi serta sosialisasi tentang nutrisi yang tepat bagi anak, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas dan produktif.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany berharap, dari kegiatan tersebut para kader PKK di kotanya dapat terus melakukan pembinaan dan melakukan sosialiasi hidup sehat di masyarakat, karena telah lama dan berpengalaman bergelut langsung dengan masyarakat di sekitanya.

BACA JUGA:

"Lakukan terus pembinaan kepada ibu-ibu kader PKK agar masyarakatnya bisa terus sehat dan sejahtera," ujar Airin saat membuka acara Mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan Membudayakan GERMAS melalui Upaya Promotif dan Preventif Mencegah Meningkatnya Penyakit Degeneratif Khususnya Pada Anak di Kantor Wali Kota Tangsel, Kamis (18/1/2018).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Tangerang Selatan, Tini Indrayani Benjamin mengatakan, perlunya edukasi pentingnya meningkatkan gizi seimbang melalui Tumpeng Gizi yang telah disesuaikan oleh pemerintah. Para kader PKK dapat membantu menjalankan program Tumpeng Gizi serta Gerakan Masyarakat Sehat atau GERMAS sehingga gizi anak tercukupi dengan baik. 

"Ibu-ibu perlu diedukasi kembali tentang pentingnya asupan gizi pada anak. Jangan sampai anak-anak diasupi makanan yang tidak sehat atau mengandung banyak gula, garam dan lemak” pesannya.

Dodik Briawan dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB),m memaparkan, sejak anak berumur 0-6 bulan hendaknya diberikan air susu ibu atau ASI. Bukannya diberikan susu sintesis seperti kasus yang mencuat di Kendari dimana ada banyak anak menderita penyakit busung lapar akibat diberikan asupan Susu Kental Manis (SKM).

 

"Memang ada kasus karena salah persepsi di tengah masyarakat seolah SKM saja cukup. Yang penting edukasi bahwa susu saja tidak cukup," paparnya.

Dodik menguraikan, bahayanya bila orangtua balita beranggapan bahwa pemberian SKM sudah cukup maka asupan zat gizi lainnya tidak ada. Anak akan kekurangan zat karbohidrat, protein dan terjadilah kekurangan gizi. 

"Jadi sebaiknya klaimnya jangan berlebihan. Masyarakat atau orangtua menafsirkan itu tambahan saja, bukan yang utama. Kita harus waspada dengan iklan-iklan makanan makanan dan minuman untuk anak yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan anak” jelasnya.

Ketua Harian YAICI Arif Hidayat menerangkan, kasus gizi buruk di Kendari beberapa waktu lalu adalah bagian dari puncak gunung es. Masyarakat masih menganggap susu kental manis (SKM) sebagai minuman.

“Lebih memprihatinkan lagi karena orang tua masih minim pengetahuan soal kegunaan susu kental manis”. kata Arif.

Arif menambahkan, gencarnya iklan yang menggambarkan SKM adalah susu yang diminum menjadi salah satu penyebab orang tua memberikan konsumsi SKM kepada anak di bawah lima tahun.(RAZ/RGI)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill